10 Bencana Alam Paling Mengerikan Di Dunia

Bumi yang kita tinggali ini sering mengalami bencana alam yang mengerikan. Bahkan bencana itu mampu membuat seseorang kehilangan nyawanya. Terkadang kita merasa heran dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di bumi ini. Salah satu contohnya ialah, banjir bandang. Aliran air yang bergerak secara tiba-tiba berjumlah sangat banyak mengalir dari hulu ke hilir. Banjir tersebut mampu meratakan daerah yang dilewatinya hingga porak-poranda. Ada 10 jenis bencana alam paling mengerikan di dunia, simak dibawah ini.

1 Letusan Gunung Berapi


Letusan gunung berapi disebabkan oleh endapan magma di perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Di Indonesia sendiri pernah mengalami letusan gunung berapi yang sangat besar. bencana itu terjadi di gunung Krakatau. Letusan yang sangat besar membuat beberapa pulau disekitarnya lenyap tak bersisa. Bahkan suaranya sampai terdengar di beberapa negara di eropa.

2. Tsunami


Tsunami merupakan gelombang besar dari lautan menuju ke daratan yang terjadi dengan cepat. Pada umumnya disebabkan oleh dua faktor, yakni gempa bumi dan letusan gunung berapi. Terbaru, tsunami terjadi di pantai tanjung lesung pada Desember 2018 lalu. Gelombang tingginya membuat banyak orang meninggal dan hilang. Tak terkecuali tiga personel grup band Seventeen.

3. Tornado


Tornado adalah sebuah pusaran angin yang berputar sangat cepat. Tornado mampu memporak-porandakan apapun yang dilewatinya. Tornado muncul dari awan kolombus dengan ujungnya yang mengerucut berada di permukaan bumi. Kecepatan pusaran anginnya mampu berkecepatan 300-480 km/jam.

4. Petir


Petir sering terjadi pada saat musim hujan, hal itu terjadi karena pada waktu itu kadar air pada udara lebih tinggi. Disaat itulah udara yang bermuatan positif dan negatif. Pertemuan keduanya membuat efek dan dan suara petir.

5. Tanah Longsor


Bencana ini sering terjadi pada daerah yang memiliki banyak dataran tinggi. Tanang longsor merupakan pergerakan tanah dari atas lereng ke dataran yang lebih rendah. Biasanya, ini terjadi karena material tanah tidak bisa menopang ditambah oleh faktor gaya gravirasi. Oleh karena itu banyak ditanam pohon di daerah pegunungan.

6. Badai Es


Badai es terjadi di daerah yang memiliki musim dingin, salah satunya di Amerika Serikat. Ini merupakan bencana yang cukup mengerikan. Cuaca dingin yang ektrem bisa membuat apapun diselimuti oleh es. Akan sangat sulit beraktifitas disaat badai es melanda.

7. Banjir


Bencana banjir sering terjadi di Indonesia, terutama Jakarta yang sudah menjadi langganan. Banjir biasanya terjadi karena pendangkalan yang terjadi pada sungai. Selain itu banjir juga terjadi karena curah hujan yang tinggi, perusakan lahan dan penebangan pohon liar.

8. Gempa Bumi


Gempa bumi biasanya terjadi karena pergeseran lempeng bumi. Jika gempa bumi terjadi di lautan, bencana lain seperti tsunami akan terjadi. Sekali terjadi, gempa bumi bisa menghancurkan bangunan-bangunan yang ada. Yang paling parah yakni akan banyak orang meninggal.

9. Kekeringan


Kekeringan terjadi karena tidak ada hujan yang turun dalam kurun beberapa waktu. Bencana ini berefek pada semua makhluk hidup, bukan hanya manusia saja. Akan ada banyak hewan dan tumbuhan yang mati saat bencana ini terjadi. Bahkan ada banyak manusia yang meninggal setelah mengalami bencana ini.

10. Badai Salju

Sama halnya dengan badai es, bencana ini terjadi pada musim dingin. Jarak pandang akan sangat terganggu akibat volume salju yang besar. Tak ada aktivitas diluar rumah yang bisa dilakukan saat badai salju berlangsung.

Itulah 10 bencana alam yang paling mengerikan di dunia. Bencana ini diharapkan menjadi pengingat bagi kita untuk selalu menjaga alam kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here