Gunung Rinjani menjadi salah satu gunung favorit bagi para pendaki. Gunung Rinjani adalah salah satu impian bagi pendaki pemula maupun profesional. Keindahan alam yang ditawarkan tak pernah membuat kecewa orang yang pergi kesana. Terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 m dpl. Hingga kini, gunung Rinjani masih sering didaki oleh pendaki domestik maupun luar negri. Berbicara soal gunung Rinjani, ada 10 fakta dan misteri gunung ini yang belum banyak diketahui orang, simak dibawah ini.

1 Memiliki Dua Teman Gunung

Terdapat dua gunung yang lokasinya berdekatan dengan gunung Rinjani. Gunung tersebut ialah Gunung Baru (atau Barujari) dan Gunung Rombongan. Ini menjadi opsi pendakian jika gunung Rinjani sudah sangat ramai dengan pendaki. Dua gunung tersebut juga menambah keindahan alam yang bisa dilihat dari gunung Rinjani.

2. Menjadi Batas Wallace

Gunung Rinjani ternyata menjadi batas Wallace dimana fauna tipe asia dan Australia bertemu. Hal itu membuat banyak hewan eksotis banyak hidup disana. Anda akan dengan mudah menjumpai trenggiling, burung pengisap madu sampai lutung. Jangan sampai melewatkan momen untuk memotret satwa yang ada disana. Ini akan menjadi pengalaman berharga pada berharga bagi anda.

3. Mitos Asal Usul Nama

Banyak orang menyebut penamaan Rinjani berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya ‘ Tuhan’. Dikisahkan seorang putri bernama Anjani yang tak mendapat restu dari orang tuanya untuk menjalin hubungan dengan pria yang ia sukai merasa frustasi. Ia kemudian mengasingkan diri di sebuah gunung, hingga akhirnya gunung tersebut dinamakan Rinjani dari kata Anjani. Sampai saat ini mitos tersebut masih berkembang dikalangan masyarakat sekitar dan dan para pendaki.

4. Kawasan Terlarang

Meski memiliki panorama yang indah, gunung Rinjani ternyata menyimpan kisah mengerikan. Ada sebuah kawasan yang tidak ada satu orangpun diperbolehkan memasuki kawasan tersebut. Dikabarkan jika ada orang yang berani melakukan hal itu, orang tersebut tidak akan pernah kembali. Menurut paranormal, orang tersebut sudah dibawa ke alam jin dan hidup disana. Namun ini masih menjadi misteri apakah benar-benar berbahaya atau tidak.

5. Pemandian Air Panas

Pemandian air panas di gunung Rinjani cukup dikenal oleh para pendaki. Letaknya berdekatan dengan Segara Anak. Anda bisa menikmati air panas ini untuk menghilangkan rasa lelah setelah menjalani pendakian. Ini adalah ide brilian yang biasa anda lakukan saat pergi kesana. Banyak pendaki menyempatkan waktu untuk beristirahat disini karena memang tempatnya cukup nyaman.

6. Staklaktit Goa Susu dan Goa Payung Mas

Selain memiliki pemandian air panas, gunung Rinjani juga memiliki staklaktit Goa Susu dan Goa Payung Mas. Hal itu membuat gunung ini menjadi salah satu gunung paling lengkap dalam menyajikan keindahan alamnya. Jadi anda tidak hanya menyaksikan keindahan gunungnya saja, ada berbagai tempat yang juga wajib anda kunjungi disana.

7. . Istana Dewi Anjani di Segara Muncar

Segara Muncar merupakan sebuah kawasan lautan kaldera debu yang ada di gunung Rinjani. Letaknya berada dari arah puncak ke arah ternggara. Banyak masyarakat disana mempercayai bahwa disitulah tempat kerajaan Ratu Anjani. Menurut cerita yang beredar, anda bisa dengan kasat mata melihat kerajaan gaib disana. Anda mungkin harus memiliki keberanian untuk bisa menapakan kaki ditempat ini. Jika bulu kuduk anda merinding, mungkin ada sosok yang berada di dekat anda hehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here