10 Hal Ini Bisa Membangkitkan Rasa Percaya Diri Seseorang

Memiliki rasa percaya diri menjadi nilai tambah bagi seseorang. Dengan percaya diri, maka akan lebih mudah dalam melakukan berbagai hal. Apalagi bagi anda yang memiliki profesi yang menuntut kepercayaan. Pekerjaan seperti konsultan, guru, dan pemeran film pasti membutuhkan yang namanya percaya diri. Anda tentu tak ingin pekerjaan anda atau hubungan dengan klien kurang baik karena rasa percaya diri anda kurang. Beberapa hal ini bisa anda coba untuk melatih kepercayaan diri anda terhadap orang lain.

10 Hal Ini Bisa Membangkitkan Rasa Percaya Diri Seseorang

  1. Jangan menjadi sempurna

Terlalu menganggap diri anda sempurna ternyata berdampak buruk terhadap kepercayaan diri anda. Saat anda menganggap bisa melakukan semua pekerjaan dengan cepat, justru membuat diri anda merasa kecewa. Hal itu lantaran tak semua pekerjaan akan selesai dengan sempurna sesuai keinginan anda.

2. Hilangkan pikiran negatif

Dalam berbagai kesempatan saat sendiri, mungkin anda akan mencoba berbicara kepada diri sendiri. Hal ini perlu dilakukan untuk meyakinkan diri sendiri sebelum melakukan sesuatu. Ada hal yang harus diperhatikan yakni tidak berfikir negatif. Karena hal itu bisa menurunkan kepercayaan diri anda.

3. Menerima pujian dengan baik

Sudah menjadi hal yang wajar jika seseorang akan tersanjung saat menerima pujian. Namun jangan sampai anda menanggapi pujian itu secara berlebihan. Akan ada saatnya anda akan mendapatkan cemoohan yang membuat kepercayaan diri anda hilang.

4. Ubah gaya berjalan anda

Gaya berjalan ternyata berpengaruh terhadap kepercayaan diri anda loh. Orang yang berjalan secara tegak memiliki kepercayaan diri lebih dibanding seseorang yang menunduk saat berjalan. Namun jangan lakukan hal ini secara berlebihan karena bisa disangka  anda orang yang sombong.

5. Jangan sungkan membantu orang lain

Bersikap ramah dengan membantu seseorang yang dirasa membutuhkan bantuan sudah sewajarnya anda lakukan. Disaat itulah interaksi antara anda dengan orang yang dibantu anda akan terjalin dengan baik. Anda akan semakin mudah untuk belajar berbicara kepada orang lain.

6. Ingat prestasi anda

Jika anda memiliki sebuah prestasi yang membanggakan, anda pelu mengingat hal itu. Kepercayaan diri anda akan meningkat karena prestasi yang pernah anda raih itu. Dengan prestasi itu lah anda akan merasa tidak minder saat harus bersaing dengan orang lain.

7. Berfikir bahwa diri anda bisa

Salah satu cara membangkitkan kepercayaan diri anda ialah dengan berfikir bahwa diri anda bisa. Kepercayaan diri berawal dari keyakinan, jika diri anda yakin kedepannya akan percaya bahwa anda bisa melakukan sesuatu yang sedang anda kerjakan.

8. Mencoba berbicara kepada orang tak dikenal

Multiethnic Group of Friends at Park

Anda yang kurang percaya diri mungkin karena jarang bercengkrama dengan orang lain. Dengan berkomunikasi dengan orang yang tidak anda kenal, kepercayaan diri anda dalam berbicara akan terasah. Terlebih saat sudah nyaman berbicara satu sama lain, anda akan menjadi seseorang yang memiliki kepercayaan diri lebih.

9. Jangan menghabiskan waktu di media sosial

Tak bisa dipungkiri, jika media sosial sudah seperti kebutuhan utama dalam hidup di zaman sekarang. Dibalik kemudahannya, media sosial ternyata memiliki dampak kurang baik jika digunakan secara berlebihan. Berhati-hati jika anda sering mengunggah foto selfie ke media sosial, tak semua orang akan menyukai foto tersebut. Anda bisa saja mendapat bully-an yang membuat akan akan minder untuk berinteraksi dengan orang lain.

10. Selalu Fokus dengan lawan bicara

Anda bisa menatap mata lawan bicara anda saat berbincang bersama. Meski terkadang sulit, tapi anda perlu melakukan hal itu untuk melatih kepercayaan diri anda. Seseorang yang tak mau menatap mata lawan bicaranya mendandakan kepercayaan diri mereka kurang.

Maningkatkan kepercayaan diri memang tidak mudah, perlu yang namanya belajar. Sedikit demi sedikit jika dijalani dengan baik, anda akan menjadi seorang yang memiliki kepercayaan diri yang baik. Tunjukan bahwa diri anda bisa melakukan meski sering diremehkan oleh orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here