10 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Memelihara Kelinci

Ada berbagai jenis kelinci yang ada di dunia. Mereka bisa dibedakan berdasarkan ukuran dan warna. Selain diternak, kelinci juga bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan yang baik. Mereka cenderung suka berinteraksi dengan pemiliknya. Sehingga hewan ini bisa dijadikan sebagai teman di rumah anda. Anda tidak perlu menyiapkan ruang yang banyak untuk sang kelinci. Jika ingin memelihara kelinci, anda harus mengetahui 10 hal mengenai kelinci ini.

1. Kepribadian Kelinci Berbeda-Beda


Sama seperti hewan lainnya, kelinci juga memiliki kepribadian sendiri-sendiri. Ada kelinci yang pemalu dan pendiam, ada juga yang aktif dan kasar. Anda harus benar-benar memilih kelinci yang cocok untuk anda. Habiskan lebih banyak waktu untuk menentukan kelinci mana yang mau anda beli. Jika kelinci itu untuk keluarga, kesalahan besar jika anda memilih kelinci yang aktif.

2. Kelinci bisa hidup lama

White rabbit on green grass.


Saat anda memutuskan untuk memelihara kelinci, anda harus berjanji untuk merawatnya dengan baik. Kelinci mampu hidup selama delapan atau 12 tahun jika mendapatkan perawatan yang sesuai. Berilah makanan yang cocok, kandang yang nyaman dan rutin periksa kesehatan kelinci ke dokter hewan. Ini akan membuat kesehatan kelinci terjaga dengan baik.

3. Penyesuaian


Kelinci membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya. Saat pertama kali di lepaskan di rumah anda, mungkin kelinci tersebut akan merasa tidak tenang. Ini menjadi tugas sang pemilik untuk memberikan rasa tenang, bisa dengan cara mengelus-elus atau bermain bersama.

4. Asupan Nutrisi


Sebagai pemilik, anda harus benar-benar memperhatikan asupan nutrisi kelinci peliharaan. Setiap hari kelinci bisa diberi makan rumput jerami yang hijau. Selain itu wortel juga bisa diberikan kepada kelinci, namun jangan terlalu sering karena terlalu banyak mengandung gula. Kelinci merupakan hewan herbivora (pemakan tumbuhan) jadi tidak akan sulit untuk masalah makanan karena mudah didapatkan.

5. Kelinci biasanya sangat bersih

Menjaga kebersihan kelinci menjadi hal yang wajib bagi sang pemilik. Kelinci biasanya tidak perlu untuk dimandikan. Jadi kebersihan lebih diutamakan pada kandang tempat kelinci tidur dan bermain. Anda bisa membersihkannya setiap hari atau minimal satu minggu sekali. Terutama untuk kelinci berbulu panjang seperti anggora untuk mencegah bulu-bulunya kotor. Selain itu kuku kelinci harus dipotong saat dirasa sudah terlalu panjang.

6. Biarkan kelinci lepas sesaat


Seperti halnya manusia, jika berada di dalam ruangan terlalu rama pasti tidak nyaman. Hal itu berlaku juga pada kelinci. Mereka juga membutuhkan waktu untuk keluar kandang. Dengan begitu bisa mencegah pemberatan badan dan menyehatkan kelinci tersebut. Di habitat aslinya, kelinci sangat suka berlari-lari dan melompat, jadi biarkan mereka bermain diluar kadang utnuk sesaat.

7. Hindari Cuaca Ektrem


Bulu yang dimiliki kelinci akan membuat suhu badan menjadi panas. Kelinci cenderung tidak menyukai tempat yang terlalu panas. Ia akan terlihat lesu, nafsu makan hilang hingga terengah-engah. Oleh karena itu, biarkan mereka keluar kandang dan beri tempat yang teduh. Hindari juga suhu yang terlalu dingin kepada kelinci. Sebagian kelinci rentan terhadap suhu udara yang dingin.

8. Kelinci Suka Mengunyah


Kelinci memiliki ciri khas giginya yang kuat. Ini terjadi karena sang kelinci suka mengunyah benda apapun yang ada disekitarnya. Anda bisa menyediakan rumput atau wortel untuk dikunyah. Jangan biarkan ada kabel, kertas atau benda yang tak pantas untuk kelinci berada di sekitar kandang. Kelinci juga harus diawasi saat berada di luar kandang, mereka bisa saja mengunyah benda berbahaya yang ada disekitarnya.

9. Jauhkan Kelinci Dari Hewan Lain


Ini menjadi poin serius bagi anda yang memiliki hewan peliharaan lain seperti kucing, anjing hingga ular. Kelinci tidak boleh dibiarkan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut. Ketiga hewan diatas merupakan contoh hewan predator yang berhahaya untuk kelinci. Keberadaan mereka akan membuat kelinci tidak nyaman atau bahkan kehilangan nyawa.

10. Perawatan kelinci sangat penting

Kelinci membutuhkan perawatan rutin dari dokter hewan. Bulunya yang tebal biasanya dihinggapi oleh parasit yang berbahaya. Ini menjadi kesalahan jika anda terlalu sibuk bekerja hingga melupakan kewajiban untuk memeriksaan kelinci ke dokter hewan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here