Kegiatan membaca buku sudah mulai ditinggalkan, banyak orang lebih senang dengan media sosial maupun game. Salah satu penyebabnya ialah perkembangan teknologi yang begitu cepat. Padahal membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat. Untuk anda yang sudah jarang membaca buku, cobalah untuk pergi ke perpustakaan umum dan membaca disana. Karena ada 10 manfaat membaca buku yang akan membuat hidup anda lebih baik lagi.

1 Menambah pengetahuan


Buku merupakan sumber informasi yang paling lengkap. Salah satu manfaat membaca buku ialah untuk mendapat pengetahuan. Ada banyak jenis buku yang bisa digali informasinya sesuai kemauan anda. Membaca buku juga akan membuat anda mempelajari hal-hal baru yang belum anda ketahui sebelumnya.

2. Meningkatkan kemampuan otak


Membaca akan memberikan efek positif pada otak anda. Dengan membaca akan mencegah penyakit Alzheimer dan demensia pada diri anda. Otak akan bekerja aktif saat anda membaca sehingga akan menambah daya ingat otak. Sama seperti organ tubuh lainnya, otak juga harus bekerja agar selalu sehat. Jadi membaca merupakan cara terbaik untuk melatih otak anda.

3. Mengurangi stres


Menurut penelitian, membaca akan membuat tingkat stres seseorang menurun. Saat anda membaca, anda akan sejenak melupakan masalah yang sedang dialami. Ada banyak jenis buku yang bisa dibaca saat stres seperti humor, cerpen dan lain sebagainya.

4. Meningkatkan daya ingat


Dengan membaca buku, daya ingat anda akan terlatih. Anda akan mengingat nama buku,halaman, karakter, yang ada dalam buku yang anda baca. Itu jelas akan membuat anda belajar untuk mengingat semua itu sehingga daya ingat anda meningkat. Semakin banyak membaca buku, semakin tinggi juga daya ingat anda.

5. Meningkatkan imajinasi


Anda akan merasa berada di dunia lain saat anda membaca buku fiksi. Hal itu bermanfaat untuk melatih imajinasi anda. Kemampuan imajinasi akan membuat anda lebih kreatif dan berefek positif pada pekerjaan anda. Ya, anda akan selalu memunculkan ide-ide brilian dalam pekerjaan anda.

6. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis


Saat anda mulai rajin membaca, kemampuan anda alam berpikir kritis akan berkembang. Dengan kemampuan berpikir kritis akan membuat anda mampu membuat keputusan penting dalam hidup. Membaca akan membuat anda memiliki pengetahuan sehingga menambah pertimbangan anda dalam mengambil keputusan.

7. Membangun kosakata

Kegiatan membaca akan membuat perbendaharaan kata akan menambah. Saat membaca, anda akan menemukan kata-kata baru dan gaya penulisan baru. Ini akan berguna saat anda harus berkomunikasi dengan seseorang ataupun saat anda membuat sebuah karya tulis.

8. Meningkatkan keterampilan menulis

Kemampuan menulis anda akan terasah ketika anda rajin membaca. Anda bisa membaca buku milik penulis terkenal sehingga kemampuan anda akan teruji. Banyak penulis hebat yang belajar dari penulis lainnya. Jika anda ingin menjadi penulis, mulailah dengan rajin membaca buku.

9. Meningkatkan keterampilan komunikasi


Komunikasi yang baik akan melancarkan segala aktifitas anda. Kemampuan kosa kata dan menulis akan meningkatkan ketrampilan komunikasi anda. Dengan kemampuan komunikasi yang baik jelas akan meningkatkan hubungan anda dengan orang lain.

10. Hobi yang bermanfaat


Membaca buku menjadi salah satu hobi yang bermanfaat. Anda akan benar-benar memiliki waktu yang berharga sangat membaca. Membaca juga akan menghindarkan anda dari kegiatan-kegiatan negatif. Seseorang yang gemar membaca tidak akan merasa bosan karena dia tau bagaimana cara menghilangkan kebosanan itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here