Hal Unik Tentang Kuliner-Jawa Timur yang memiliki luas wilayah sekitar 47 ribu kilometer persegi, tak hanya menyimpan keindahan alam pariwisatanya saja, melainkan juga menyimpan hal unik terkait kuliner khasnya. Kuliner khas Jawa Timur memiliki cita rasa yang manis dan pedas membuat semua orang yang mencicipinya akan ketagihan. Tak hanya cita rasa manis dan pedas saja, cita rasa gurih dari tambahan terasi dan petis membuat semakin menggugah selera makan. dari sekian banyak jenis kuliner khas Jawa Timur, dalam artikel ini akan dibahas hanya 5 saja yang terpopuler. Apa saja? Yuk kita simak informasi lengkapnya berikut ini.

“Hal Unik Tentang Kuliner”

Baca Juga : HAL UNIK TENTANG MAKANAN YANG ADA DISEKITAR KITA

  1. Pecel

Hal Unik Tentang Kuliner Khas Jawa Timur versi halunik.net
Hal Unik Tentang Kuliner Khas Jawa Timur

Salah satu kuliner khas Jawa Timur yang pertama adalah pecel. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini bukan? Bahan utama dari kuliner ini adalah sayuran rebus yang terdiri dari kangkung, kacang panjang, kol, kecambah atau tauge, daun singkong, irisan mentimun segar. Ditambah dengan siraman saus kacang pedas dan daun kemangi untuk menambah aroma dan cita rasa.
Sementara untuk lauknya sendiri ada telor ceplok, tempe goreng, ati rempela ayam, ayam goreng, serta masih banyak lagi. Selain itu, untuk menambah cita rasa kriuk saat mengkonsumsinya, biasanya ditambahkan rempeyek kacang atau ikan teri. Di Jawa Timur sendiri, terdapat beberapa kota yang memiliki cita rasa nasi pecel tersendiri sesuai dengan ciri khas daerahnya masing-masing, yakni Kediri, Madiun dan Blitar. Biasanya nasi pecel dijual untuk disantap saat sarapan. Pecel juga bisa dimakan dengan atau tanpa nasi.
  1. Rawon

Hal Unik Tentang Kuliner Khas Jawa Timur versi halunik.net
Hal Unik Tentang Kuliner Khas Jawa Timur

Kuliner khas Jawa Timur yang populer selanjutnya adalah rawon. Ciri khas yang paling mencolok pada kuliner ini adalah kuahnya yang hitam pekat karena menggunakan bahan alami yakni dari kluwek. Bisa dibilang, rawon merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur yang menggunakan bumbu lengkap atau kata orang bilang “bumbu jangkep” seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, cabe, kluwek, garam, gula, dan beberapa bahan lainnya.
Rawon ini paling terkenal di Surabaya dan Pasuruan. Sementara di Pasuruan dilengkapi dengan sate komoh. Rawon biasa disajikan dengan telur asin, kerupuk, tauge mini serta nasi. Sangat cocok dinikmati saat sore hari atau saat musim hujan tiba.
  1. Rujak Cingur

Hal Unik Tentang Kuliner Khas Jawa Timur versi halunik.net
Hal Unik Tentang Kuliner Khas Jawa Timur

Rujak cingur berasal dari Surabaya. Salah satu kuliner khas Jawa Timur ini memiliki cita rasa yang pedas dan sangat cocok dinikmati saat siang hari. Cingur diambil dari irisan daging bagian mulut sapi. Namun sayangnya, beberapa pedagang rujak saat ini karena kesusahan dan harga cingur yang mahal, diganti dengan cecek atau kulit sapi namun dijamin rasanya tetap enak.
Selain cingur atau cecek yang diiris, terdapat beberapa bahan lainnya misalnya timun, “krai”, lontong, tahu, tempe, tauge dan kangkung rebus serta saus kacang yang dicampur dengan irisan “gedhang kluthuk” dan tambahan petis. Terkadang sebagai tambahan sensasi saat mengkonsumsi rujak cingur, biasa ditambah dengan kerupuk.
  1. Rujak Soto

Hal Unik Tentang Kuliner Khas Jawa Timur versi halunik.net
Hal Unik Tentang Kuliner Khas Jawa Timur

Apabila yang sebelumnya adalah rujak cingur khas dari Kota Surabaya, rujak soto ini berasal dari Banyuwangi. Yap, rujak soto ini rujak yang ditambah dengan kuah soto. Aneh? Meskipun aneh tapi rasanya tidak kalah enak dengan rujak cingur dari Surabaya.
  1. Soto

Hal Unik Tentang Kuliner Khas Jawa Timur versi halunik.net
Hal Unik Tentang Kuliner Khas Jawa Timur

Soto pastinya sangat mudah ditemui di Indonesia. Begitu pun di Jawa Timur. Hal unik dari kuliner soto di Jawa Timur adalah disertai dengan koya. Salah satu daerah yang terkenal dengan kuliner sotonya adalah Lamongan. Dengan kuah kental disertai dengan koya, semakin menambah kenikmatan rasa soto tersebut. Campuran soto itu ada irisan daging ayam goreng, bihun, perasa jeruk nipis, telur, dan emping. Bisa dinikmati dengan nasi, ketupat, atau lontong. Tentunya sangat menggugah selera kamu.
Itulah beberapa hal unik dan menarik dari beberapa kuliner khas Jawa Timur. Apabila kamu sedang berkunjung ke Jawa Timur, khususnya ke daerah yang memiliki ciri khas kulinernya, jangan lupa mencicipi untuk menghilangkan rasa penasaran kamu. Demikian beberapa informasi terkait dengan hal unik tentang kuliner khas Jawa Timur. Semoga bermanfaat.
Baca Juga : HAL UNIK TENTANG MAKANAN YANG ADA DISEKITAR KITA
By :

Sahabat Halunik.net

1 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar