Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

0
34

cara menjaga kesehatan reproduksi wanita adalah hal yang wajib diketahui oleh kaum hawa. Selain karena memang itu merupakan kewajiban anda. Hal itu juga disebabkan karena banyaknya resiko penyakit yang akan mengancam alat reproduksi anda ketika anda tidak bisa menjaganya. Sebut saja penyakit-penyakit reproduksi, seperti keputihan yang membuat gatal dan bau, atau penyakit mematikan, kanker serviks yang disebabkan karena kurang menjaga kebersihan alat reproduksi.

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Oleh Karenanya, menyediakan payung sebelum hujan bagi diri sendiri adalah suatu hal yang wajib bagi anda. Dan untuk mengetahui lebih detailnya. Berikut cara menjaga kesehatan reproduksi wanita yang bisa anda lakukan:

  1. Membersihkan Miss V

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Membersihkan miss V setelah buang air besar ataupun kecil adalah hal penting pertama yang harus anda lakukan. Hal sederhana ini, bisa anda lakukan dengan cara membasuh miss V dengan menggunakan air bersih. Usahakan hindari memakai sabun pembersih karena akan membuat bakteri baik dalam miss V mati. Cara membasuhnya pun tidak boleh sembarangan, mulailah basuhan dari atas ke bawah. Kemudian, keringkan miss V dengan menggunakan handuk.

  1. Rutin Mengganti Celana Dalam

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Keadaan miss V yang cenderung lembab, bisa membuat bakteri buruk mudah berkembang dalam miss v. Alasan itulahlah yang akhirnya menyebabkan anda harus rutin mengganti celana dalam minimal 2 kali sehari. Terlebih jika celana dalam yang anda gunakan sudah terasa lembab.

Tidak hanya itu, hal-hal sederhana seperti memilih bahan celana dalam yang akan anda kenakan juga merupakan hal yang tak kalah penting. Misalnya, dengan memilih celana dalam dengan bahan katun yang cenderung bisa menyerap keringat.

  1. Segera Mengganti Pembalut Setelah Penuh

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Selain tidak nyaman, membiarkan pembalut penuh dan tidak segera menggantinya bisa berakibat buruk bagi kesehatan reproduksi wanita. Seperti yang anda tahu, darah merupakan tempat perkembangbiakan kuman paling efektif. Karena itulah, untuk mengantisipasi perkembangan tersebut anda perlu mengganti pembalut saat sudah penuh atau minimal menggantinya setiap beberapa jam sekali.

  1. Rutin Memeriksakan Pemeriksaan

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Barangkali ini adalah hal yang sering diremehkan oleh kaum hawa. Seringnya, ketika tidak terjadi apa-apa dengan miss V. Anda cenderung menganggap reproduksi anda sehat sehingga anda tidak perlu datang untuk memeriksakannya. Padahal, hal tersebut adalah salah. Karena terkadang, penyakit reproduksi tidak memiliki tanda-tanda yang mumpuni. Oleh karenanya, mengantisipasi hal tersebut dengan cara melakukan pemeriksaan secara rutin bisa menjadi solusinya.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan reproduksi wanita yang bisa anda lakukan. Semoga membantu.

Baca Juga :  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here