Cara Pintar Matematika Bukan Tanpa Belajar

0
73
cara pintar matematika

Cara Pintar Matematika Bukan Tanpa Belajar – Pintar matematika bukanlah hal yang mustahil, walau ini tutorial yang bukan dengan tanpa belajar. Tapi Saya yakin Anda akan tertantang mencobanya.

Apa yang dilakukan seorang matematikawan?

Sebagai matematikawan, ada sejumlah jalur karir yang bisa Anda jelajahi.

Beberapa ahli matematika bekerja sebagai dosen perguruan tinggi atau universitas. Sementara yang lain mungkin bekerja sebagai ilmuwan riset atau insinyur.

Dalam kedua pekerjaan tersebut, Anda akan bekerja dengan aturan dan teori matematika. Sehingga mampu menerapkan teori-teori ini untuk memecahkan masalah dalam berbagai bidang yang berbeda, seperti teknik dan bisnis.

Sebelum kita lanjut bagaimana cara pintar matematika, ada baiknya kita tahu dulu apa sebenarnya matematikawan dan profesinya itu.

Baca Juga: Fakta Unik Orang Cerdas.

Apa itu matematikawan?

cara pintar matematika

Seorang matematikawan adalah seorang sarjana yang bidang keahliannya adalah matematika.

Mereka mengeksplorasi masalah teoritis abstrak atau menerapkan teori matematika ke solusi masalah dunia nyata di bidang ekonomi, teknik, bisnis, fisika dan ilmu lainnya.

Tugas spesifik meliputi penelitian dan memanipulasi prinsip matematika yang ada untuk menemukan prinsip baru. Matematikawan juga mampu menganalisis data dan mengembangkan algoritma, metode komputasi dan model statistik untuk mengungkapkan hubungan antara elemen data.

Matematikawan juga bisa merancang atau menguraikan sistem enkripsi untuk aplikasi militer, penegakan hukum, pemerintahan atau bisnis.

Nah bagaimana?, menarik kan jadi matematikawan. Tapi untuk menjadi matematikawan anda harus melalui beberapa proses dan cara.

Baca Juga: Ciri-Ciri Orang Pintar.

Cara Pintar Matematika

Berikut ini Saya rangkum 5 cara pintar matematika dengan benar:

Langkah 1: Bersungguh-Sunggu Belajar di Sekolah

Anda harus mengikuti kursus matematika sebanyak mungkin di SMA.

Kebanyakan sekolah menawarkan aljabar, trigonometri dan geometri.

Jika tersedia, kursus penempatan lanjutan akan membawa Anda dalam pelajaran kalkulus dan fisika dapat memberi Anda gambaran tentang kursus apa di tahun pertama kuliah Anda nantinya.

Kursus komputer juga sangat membantu karena pekerjaan Anda di kemudian hari mungkin melibatkan kumpulan data yang sangat besar, matriks atau perhitungan berulang.

Langkah 2: Dapatkan gelar Sarjana di bidang Matematika

Program gelar sarjana di bidang matematika melatih Anda untuk memahami dan menerapkan elemen penalaran matematis seperti logika, bukti formal, abstraksi dan generalisasi.

Anda akan belajar menganalisis data, membuat dan menganalisa model matematis dan mengkomunikasikan argumen yang kuat.

Topik ajaran meliputi kalkulus, aljabar linier dan persamaan diferensial, teori bilangan, analisis numerik, probabilitas dan statistik. Gelar Sarjana S1 biasanya diperoleh dalam empat tahun.

Baca Juga: Kemampuan Otak Manusia yang Tersembunyi.

Langkah 3: Mendaftar di Program Ph.D. (Profesor Doktor)

Anda dapat masuk ke sebagian besar program doktoral dalam bidang matematika dengan gelar sarjana pertama Anda.

Namun sebagian besar, Kampus doktoral meminta Anda untuk melengkapi persyaratan mereka untuk mendapatkan gelar master dalam hal mendapatkan gelar doktor.

Masuk ke program ini sangat kompetitif, dengan sebagian besar menuntut pelamar untuk mengirimkan skor Ujian Pascasarjana Umum (GRE) dan nilai untuk tes matematika GRE.

Anda mungkin perlu mengirimkan surat rekomendasi, transkrip dan pernyataan tujuan dengan formulir aplikasi Anda.

Beberapa program mungkin memerlukan daftar kursus matematika tingkat lanjut dengan aplikasi Anda, sementara yang lain mengelola ujian penempatan saat Anda mendaftar di program pascasarjana, untuk menguji pengetahuan Anda tentang konsep matematika dasar.

Langkah 4: Pilih Jalur Sesuai Bidang Anda

Program doktor sering dibagi menjadi jalur murni atau teoritis dan jalur terapan, walaupun ada tumpang tindih yang signifikan di antara keduanya.

Jika Anda memilih jalur teoritis, kebanyakan sekolah mengharuskan Anda untuk menunjukkan kompetensi di seperangkat kelas inti, yang mungkin termasuk topologi dan geometri, aljabar dan analisis.

Di jalur terapan, Anda dapat mengambil beberapa kelas inti ini, tapi Anda mungkin juga mengikuti kelas terkait matematika di bidang lain seperti fisika, ekonomi, astronomi atau bidang minat lainnya.

Jalur mana pun yang Anda pilih, dua tahun pertama Anda cenderung dihabiskan untuk menghadiri kelas, membuat seminar dengan mengunjungi matematikawan.

Setelah kursus dasar selesai di tahun pertama Anda, program Anda biasanya memungkinkan Anda memilih kursus matematika yang menarik, termasuk topologi, kombinatorik, analisis fungsional, homologi dan analisis fungsional.

Menjelang akhir tahun kedua atau awal pertiga Anda, Anda mungkin diminta untuk mengikuti ujian kualifikasi.

Pemeriksaan ini dapat ditulis, lisan atau kombinasi keduanya, dan profesor Anda merancang ujian untuk menguji pengetahuan Anda tentang konsep matematika dan teori lanjutan.

Setelah lulus ujian kualifikasi Anda, Anda akan memilih topik disertasi dan penasihat.

Tiga tahun terakhir Anda dihabiskan untuk meneliti dan menulis disertasi ini, memungkinkan Anda untuk mengejar beasiswa independen yang berkontribusi pada studi matematika.

Bergantung pada jalur Anda, topik disertasi Anda dapat mendiskusikan penerapan prinsip dan teori matematika tertentu untuk memecahkan masalah di bidang lain, misalnya menerapkan prinsip aljabar pada reaksi biokimia.

Atau, disertasinya mungkin menyarankan kemajuan baru penelitian matematis seperti menggunakan teori bilangan dan persamaan aljabar untuk menciptakan bentuk kriptografi baru.

Langkah 5: Cari Pekerjaan

Setelah menyelesaikan doktor Anda, Anda akan menghadapi persaingan kerja yang ketat.

Walaupun Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS) menyatakan bahwa pertumbuhan lapangan kerja dari 2014 – 2024 akan mengalami peningkatan sebesar 21% tiap tahun untuk matematikawan, yang merupakan pertumbuhan yang lebih cepat karena kebutuhannya.

Menurut www.bls.gov, Lulusan terapan matematikawan diharapkan memiliki prospek yang sedikit lebih baik daripada matematika teoritis. Karena persaingan untuk pekerjaan lapangan di akademisi kuat dan banyak industri sangat ingin menerapkan prinsip matematika untuk memecahkan masalah industri.

Pekerjaan di Matematika Teoritis

Jika Anda memilih pelatihan teoretis, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan pekerjaan sebagai anggota fakultas di universitas, di mana Anda akan membagi waktu antara pengajaran dan penelitian.

Mahasiswa pascasarjana dapat membantu tugas mengajar Anda jika Anda ditugaskan untuk mengajar mahasiswa.

Anda dapat melakukan penelitian Anda secara pribadi atau bekerja sama dengan satu atau lebih ahli matematika lainnya.

BLS melaporkan pada Mei 2015 bahwa perguruan tinggi, universitas dan sekolah profesional mempekerjakan 380 ahli matematika hebat.

Upah rata-rata tahunan untuk matematikawan universitas dan perguruan tinggi adalah $ 65.610 pada bulan Mei 2015, data dari BLS.

Pekerjaan di Matematika Terapan

Jika Anda memilih untuk belajar matematika terapan Anda memiliki pilihan karir di bidang keuangan dan asuransi, perawatan kesehatan, ilmu informasi, pemerintah, penelitian ilmiah, analisis bisnis dan pendidikan.

Judul pekerjaan yang mungkin termasuk biometrik, ekonometrik, psikometri, kriptanalis atau biomatematikawan.

Pada bulan Mei 2014, BLS melaporkan bahwa sekitar 970 ahli matematika bekerja untuk cabang eksekutif federal dan memperoleh gaji tahunan rata-rata $ 108.890 per Mei 2015.

700 lainnya bekerja untuk layanan penelitian ilmiah, mendapatkan gaji tahunan rata-rata sebesar $ 133,750.

Layanan konsultasi ilmiah dan teknis mempekerjakan 200 matematikawan, yang memperoleh gaji tahunan rata-rata $ 122.260.

Gelar Alternatif Karir

Dalam mengetahui cara pintar matematika. Matematikawan biasanya mengejar gelar doktor baik matematika teoritis maupun matematika terapan dan karena itu memenuhi syarat untuk sejumlah jalur karir lainnya.

Anda bisa mengejar pekerjaan sebagai ahli statistik, yang melibatkan penggunaan matematika dan statistik untuk memecahkan masalah di industri dunia nyata.

Anda juga mungkin tertarik dalam pekerjaan sebagai peneliti survei, yang membutuhkan keterampilan matematika tingkat lanjut. Survei desain profesional ini yang sering menyertakan data numerik yang harus dianalisis.

Ada juga sejumlah posisi sebagai analis keuangan yang bisa diandalkan matematikawan.

Nah itulah di atas bagaimana cara pintar matematika sehingga bisa menjadi matematikawan handal untuk mengembangkan karir yang besar.

Semoga ini dapat membantu Anda.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Bermanfaat
Author Rating
51star1star1star1star1star

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here