Efek Anestesi (Pembiusan) Dalam Operasi Pada Otak (Ingatan)

0
34
Efek Anestesi Dalam Operasi

Efek Anestesi Dalam Operasi–┬áPeneliti menyimpulkan bahwa orang paruh baya memiliki risiko kehilangan ingatan dan kognisi yang lebih parah setelah menjalani operasi dengan pembiusan atau anestesi.

Efek Anestesi Dalam Operasi

Efek Anestesi (Pembiusan) Dalam Operasi Pada Otak (Ingatan)

Efek Anestesi Dalam Operasi Operasi

Selama Operasi, Anda mungkin berharap untuk sementara tersingkir oleh rasa sakit selama operasi. Namun penelitian baru menemukan bahwa hal itu mungkin memiliki dampak jangka panjang pada memori dan kognisi Anda.

Peneliti telah menemukan bukti bahwa anestesi (pembiusan) dapat meningkatkan risiko penurunan kognitif pada lansia. Namun sebuah penelitian baru yang diterbitkan di jurnal medis Anesthesia menemukan bukti bahwa hal itu juga dapat mempengaruhi orang-orang di usia paruh baya.

Anestesi tetap menjadi misteri bagi dokter dalam banyak hal, meskipun penggunaannya sudah meluas selama lebih dari satu abad.

Dokter masih tidak mengerti mekanisme anestesi dan cara kerjanya membantu pasien tidak sadarkan diri.

Dalam penelitian ini, peneliti memeriksa 964 peserta dengan usia rata-rata 54 dari Wisconsin Registry for Alzheimer’s Prevention (WRAP).

Para peserta menjalani dua tes penilaian kognitif selama empat tahun untuk melihat apakah satu kelompok lebih cenderung mengalami penurunan kognitif atau gangguan ingatan.

Baca Juga: Perbedaan otak albert einstein dengan manusia biasa.

Dari 670 peserta dengan memori normal pada awal penelitian, mereka yang menjalani operasi selama masa studi hampir dua kali lebih mungkin menunjukkan tanda-tanda “memori abnormal” daripada mereka yang tidak menjalani operasi.

Secara total, 21 dari 114 orang yang menjalani operasi memiliki memori abnormal pada akhir penelitian tersebut.

Efek Anestesi Dalam Operasi

Persentase ini secara signifikan lebih tinggi dari 56 dari 556 peserta yang mengidap memori abnormal dan tidak menjalani operasi.

Secara keseluruhan, tim peneliti menemukan bahwa peserta yang menjalani operasi lebih cenderung memiliki memori abnormal. Walaupun sebenarnya perubahan memori cukup kecil.

Para Peneliti mengungkapkan bahwa: “Data ini menunjukkan pasien yang menjalani operasi dengan anestesi lebih cenderung mengalami gangguan pada tes neuropsikologis memori dan fungsi eksekutif otak lainnya”.

Mereka juga menemukan bahwa menjalani operasi dan anestesi memiliki keterkaitan dengan penurunan ingatan langsung dan pembelajaran verbal yang dua kali lipat tingkat penurunan di antara peserta yang tidak menjalani operasi.

Baca Juga: 7 Karakteristik Orang Cerdas Secara Genetik.

Efek yang Kecil tapi signifikan

Efek Anestesi Dalam Operasi

Dr. Kirk Hogan, seorang penulis studi senior dari University of Wisconsin-Madison School of Medicine and Public Health, menjelaskan bahwa perubahan ingatan mungkin memiliki efek kecil namun masih tetap signifikan.

Hogan dan rekan penulisnya mengatakan dalam penelitian bahwa mereka masih mengamati efek yang kecil tapi signifikan ini dalam tes memori dan fungsi eksekutif.

Mereka juga menemukan tingkat penuruna memori yang cepat pada orang-orang yang sudah memiliki kinerja kognitif lebih rendah pada awal penelitian.

Hogan mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami efek jangka panjang anestesi pada populasi lain.

Baca Juga: Fakta Unik Orang Cerdas.

Anestesi Lokal vs anestesi umum

Efek Anestesi Dalam Operasi

Dr Gayatri Devi, seorang ahli saraf di Rumah Sakit Lenox Hill di New York City, mengatakan bahwa penelitian tersebut mengungkapkan bahwa lebih banyak lagi yang perlu dilakukan untuk memahami semua efek anestesi, terutama jika pasien sudah berisiko mengalami gangguan ingatan.

Devi mengatakan bahwa dia merekomendasikan anestesi lokal jika memungkinkan untuk membantu mengurangi risiko anestesi umum yang terkait.

Jika dampak anestesi umum terlalu besar maka bisa saja anestesi lokal menjadi pilihan agar resiko besar bisa terhindar.

Namun hanya saja perlu pertimbangan lebih lanjut, mengingat anestesi lokal justru akan memiliki efek pembiusan yang lebih sebentar.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here