Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba

0
24
Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba

hal unik di wilayah wisata Danau Toba-merupakan suatu bentuk perencaan agar wisata Anda menjadi lebih menyenangkan. Berikut kita akan bahas fakta dan hal unik Di danau Toba.

”Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba”

Fakta tentang Danau Toba

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.  Danau ini berada di wilayah provinsi Sumatera Utara. Danau Toba mempunyai panjang hingga 100 KM dan mempunyai lebar 30 KM. Danau Toba terbentuk dari letusan gunung Toba yang meletus sekitar 74.000 tahun silam. Gunung ini tergolong gunung berapi purba yang saat ini tidak aktif.  Letusan dasyat 74.000 tahun silam membentuk sebuah danau, yang kita sebut Danau Toba. Di tengah danau ini terdapat beberapa pulau seperti Pulau Samosir, Pulau Sibandang dan Pulau Tao. Uniknya,  di Pulau Samosir terdapat dua danau lagi di tengah pulaunya, yang dikenal dengan nama Danau Aek dan Danau Sidihoni. Selain fakta-fakta menarik tentang Danau Toba,  kita akan bahas hal unik yang bisa disinggahi ketika berwisata ke daerah Danau Toba.

Hal unik yang bisa ditemukan pada saat berwisata di Danau Toba

  1. Pulau Samosir
Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba
Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba

Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba-Sayang rasa ketika kita berwisata ke Danau Toba namun tidak mengunjungi pulau Samosir. Di pulau ini terdapat pedesaan yang unik dan indah disertai dengan orang-orang yang ramah. Hal unik dan menarik yang ada di pulau ini yaitu terdapat dua danau lagi di tengah pulau ini, yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Di tempat ini banyak sekali peninggalan sejarah pada masa megaletikum atau zaman batu. Ketika kita berjalan-jalan ke tempat ini biasanya akan banyak pemandu yang membantu menjelaskan tentang peninggalan megalitikum yang ada di Pulau Samosir. Selain itu pulau ini terdapat sebuah museum. Museum yang ada di pulau ini merupakan museum kebudayaan adat Batak dan terdapat pula beberapa peninggalan kerajaan Batak di dalamnya.

  1. Desa Siallagan
Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba
Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba

Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba-Desa ini masih berada di Pulau Samosir Danau Toba. Desa Siallagan merupakan tempat favorit bagi banyak wisatawan asing. Desa ini memiliki bentuk yang unik, karena pada desa ini dikelilingi oleh batu yang sudah ada sejak masa lalu pada masa Raja Laga Siallagan. Dahulu tembok batu dibuat bertujuan untuk menghindari dari serangan hewan buas dan musuh dari suku yang lain yang ingin menyerang kerajaan Batak. Hal unik lagi yang ada di desa ini adalah terdapat sebuah batu yang disebut batu persidangan. Batu persidangan berfungsi sebagai tempat untuk mengadili atau menyidangkan seseorang yang melanggar hukum adat di wilayah Pulau Samosir.

  1. Tomok
Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba
Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba

Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba-Bagi Anda yang suka belanja atau ingin membeli oleh-oleh, disini tempatnya. Tomok merupakan pelabuhan yang menghubungkan antara Pulau Samosir dan Danau Toba. Selain Anda bisa membeli oleh-oleh, uniknya ditempat ini Anda bisa melihat patung menari yang cukup fenomenal, yaitu Sigale-gale yang dipadukan dengan musik adat batak yang konon memberikan energi pada patung Sigale-gale pada saat menari.

  1. Tongging
Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba
Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba

Hal Unik Di Wilayah Wisata Danau Toba-Tampat ini merupakan tempat yang cocok untuk Anda bersantai atau sekedar ingin melepas penat dengan pemandangan yang indah. Di tempat wisata ini Anda akan disuguhi dua pemandangan langsung, yaitu pemandangan dari Danau Toba yang ekosotis dan air terjun Sipiso-piso yang menawan. Wilayah ini mempunyai ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, sehingga semua pemandangan Danau Toba akan bisa dinikmati dengan jelas.

Jika Anda berwisata ke Danau Toba rugi rasanya apabila Anda tidak singgah ke empat tempat yang unik yang sudah disebutkan tadi. Empat hal unik di wilayah Danau Toba bisa dijadikan rekomendasi untuk perencanaan Anda jika jalan-jalan kesini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here