Hal Unik Tentang Pulau Komodo

0
17
Hal Unik Tentang Pulau Komodo

Hal Unik Tentang Pulau Komodo-Pulau Komodo merupakan pulau yang recomended  dikunjungi. Disini tersimpan banyak hal unik tenang Pulau Komodo yang sebaiknya Anda ketahui. Berikut kita bahas Hal unik tentang pulau komodo yang harus diketahui.

Hal Unik Tentang Pulau Komodo

Pulau Komodo

Hal Unik Tentang Pulau Komodo
Hal Unik Tentang Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan pulau yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di sebelah Timur Pulau Sumbawa. Kawasan Pulau Komodo mempunyai luas 173.000 Ha yang meliputi wilayah daratan, serta beberapa pulau lain di sekitarnya. Pulau Komodo saat ini merupakan salah satu kawasan tanaman Nasional serta  dijadikan sebagai salah satu situs peninggalan warisan dunia yang dilindungi. Pulau ini dinamakan Pulau Komodo karena pada pulau ini dijadikan tempat konservasi dan habitat untuk Komodo. Komodo sendiri merupakan hewan purbakala yang dilindungi oleh Pemerintah. Selain bisa melihat konservasi komodo, di pulau ini terdapat hal unik dan menarik didalamnya. Berikut kita bahas hal unik dan menarik di pulau ini.

  1. Sebagai Situs warisan Dunia

Pulau Komodo sudah ditetapkan oleh UNESCO sejak 1991 sebagai situs peninggalan warisan dunia. Hal langka yang ada disini yaitu hewan Komodo. Komodo merupakan hewan purbakala yang masih ada hingga sekarang, dan Cuma ada di Pulau Komodo, selain itu tempat ini sering dijadikan objek penelitian oleh beberapa kalangan akademisi dari mancanegara. Pulau Komodo pada tahun 2011 juga terpilih sebagai tujuh keajaiban dunia berdasarkan voting yang dilakukan, dan Pulau Komodo mendapatkan Voting terbanyak.

  1. Pantai merah

Hal Unik Tentang Pulau Komodo
Hal Unik Tentang Pulau Komodo

Pantai merah atau sering disebut Pink Beach oleh beberapa kalangan merupakan salah satu destinasi unik yang wajib Anda kunjungi jika Anda ke Pulau Komodo. Pantai ini mempunyai karakteristik pasir yang berwarna merah muda. Selain pasirnya yang berwarna merah muda, bawah laut di kawasan pantai ini juga memiliki keindahan yang menarik, banyak yang menyebutnya taman bawah laut Pink Beach. Disana terdapat ekosistem terumbu karang dan ikan yang unik serta terawat.

  1. Merupakan pertemuan perairan laut yang dingin dan hangat

Pulau komodo sendiri adalah pulau yang posisinya berada tepat pada pertemuan dua arus air yang mengalir dari Selatan dan Utara. Perairan laut Selatan adalah perairan yang memiliki karakteristik air yang dingin yang berasal dari samudera Indonesia, sedangkan dari Utara karakteristik airnya bersifat hangat karena berasal dari laut Flores dan Banda. Dengan adanya pertemuan kedua karakteristik yang berbeda membuat ekositem bawah lautnya juga lebih unik dari pada di pulau-pulau lain.

  1. Spesies hewan campuran antara Asia dan Australia

Spesies yang ada di Pulau Komodo tergolong cukup unik dan berbeda. Hal ini disebabkan adanya percampuran antara karakteristik hewan Asia dan Australia yang hidup disini. Selain Komodo, hewan yang memilki darah campuran  terdiri dari  128 jenis burung, 27 jenis reptil, hingga 37 jenis mamalia. Sama seperti Komodo, semua jenis spesies yang hidup di Pulau Komodo juga dilindungi. Ada satu hal unik lagi yang patut Anda ketahui, Pulau Komodo tidak pernah ditemukan fossil sama sekali. Hal ini menunjukkan pada awalnya pulau Komodo dahulu sama sekali tidak ada kehidupan, termasuk kehidupan hewan. Beberapa ahli beranggapan pulau Komodo terbentuk sekitar 1 juta tahun yang lalu dan sampai sekarang masih meninggalkan misteri didalamnya. Hal ini juga yang mendorong banyak peneliti untuk mengkaji tentang pulau ekosotis ini untuk keperluan penelitian.

Hal unik tentang Pulau Komodo ini setidaknya bisa dijadikan alasan untuk Anda bisa berwisata ke pulau ini. Namun yang perlu Anda pahami juga, sebaiknya ketika kita datang ke tempat ini kita juga harus bisa menjaga kebersihan untuk kelangsungan ekosistem yang ada di Pulau Komodo. Salah satu caranya dengan membawa kembali sampah atau membuang ke tempat yang sudah disediakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here