6 Manfaat Luar Biasa Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

1. Asam Folat.

Kandungan asam folat pada kacang hijau sangat penting untuk perkembangan otak dan kecerdasan janin. Baik juga untuk perkembangan sistem saraf bayi, dan mencegah kecacatan otak dan sumsum tulang belakang selama proses kehamilan.

2. Protein.

Kandungan protein dalam kacang hijau sebanyak 24%. Protein dapat membantu tumbuh kembang organ janin selama dalam kandungan. Penelitian lain menyebutkan bahwa protein juga berperan menambah volume rambut bayi selama masa kehamilan. Hal ini karena, pertumbuhan sel rambut, sangat memerlukan asupan protein.

3. Vitamin B1 dan B2.

Vitamin B1 dan B2 pada kacang hijau membantu penyerapan protein, tumbuh kembang janin, dan juga melancarkan penceraan selama masa kehamilan. Vitamin B1 berkhasiat membantu pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, sumber energi, serta memaksimalkan sistem kerja syaraf. Sedangkan proses penyerapan protein dalam tubuh dapat dibantu dengan vitamin B2 ini sehingga tubuh lebih mudah dan lebih banyak menyerap protein. Kekurangan vitamin B1 dan B2 pada kehamilan dapat menyebabkan konstipasi dan juga mudah mengalami kelelahan.

4. Rendah Lemak.

Kandungan lemak pada kacang hijau sangat rendah. Nilai kandungan yang rendah ini sangat aman untuk jantung dan aman bagi penderita tekanan darah.

5. Kalsium dan Fosfor

Asupan kalsium yang cukup selama masa kehamilan bermanfaat untuk pertumbuhan tulang pada janin serta meningkatkan kepadatan tulang ibu. Kekurangan kalsium pada ibu hamil dapat menyebabkan janin mengambil sumber kalium dari tubuh ibu, sehingga hal ini dapat membuat sang ibu terkena osteoporosis.

6.Serat.

Serat sangat baik untuk pencernaan. Bagi ibu hamil harus mencukupi asupan seratnya. Serat juga terdapat pada kacang hijau sehingga dapat membantu proses kelancaran pencernaan dan memelihara kesehatan organ saluran pencernaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar