Tips Mengatasi Performa Menurun Pada Smartphone Android

0
24
Tips Mengatasi Performa Menurun Pada Smartphone Android

Tips Mengatasi Performa Menurun Pada Smartphone Android – Performa yang menurun atau lemot merupakan masalah yang umum dialami oleh pengguna smartphone Android. Langkah – langkah berikut ini bisa menjadi pilihan solusi untuk dicoba mengatasi masalah tersebut.

# Periksa Kondisi Dan Kapasitas Memori

Salah satu penyebab masalah smartphone Android lemot atau menjadi lambat adalah kondisi memori atau ruang penyimpanan. Berbeda dengan performa komputer yang sangat dipengaruhi oleh RAM; performa smartphone Android dipengaruhi oleh RAM dan juga ruang penyimpanan yang digunakan.

Memori internal yang terpasang paten di smartphone merupakan bagian dari ruang penyimpanan yang sangat mempengaruhi performa smartphone. Jika memori internal yang digunakan telah mendekati penuh; maka performa yang menurun merupakan hal wajar. Bahkan sistem operasi bisa saja berhenti ketika memori internal sudah hampir habis dan tidak lagi mampu mendukung kerja sistem operasi.

Solusi paling mudah yang bisa dilakukan adalah menghapus file atau data tidak penting yang tersimpan di memori internal. Cara lain yang bisa dilakukan adalah memindahkan atau melakukan back up file dan data di internal memori ke kartu memori eksternal ataupun media penyimpanan lain. Mengelola penyimpanan file dengan mengarahkan aplikasi untuk menyimpan file atau data ke memori eksternal merupakan salah satu pilihan. Memindahkan atau melakukan instalasi aplikasi ke memori eksternal juga bisa dilakukan; tetapi ada beberapa aplikasi yang hanya bisa bekerja ketika terpasang di memori internal.

# Melakukan Pemilihan Fungsi Aplikasi

Memori internal bisa cepat penuh ketika digunakan untuk melakukan instalasi banyak aplikasi. Memindahkan aplikasi yang bisa bekerja di memori eksternal merupakan salah satu solusi. Meskipun begitu; ada cara lain mengelola kebutuhan aplikasi yang tidak kalah efektif. Pengguna smartphone bisa melakukan seleksi dalam menggunakan aplikasi.

Kini ada semakin banyak pilihan aplikasi untuk memenuhi fungsi – fungsi tertentu. Menggunakan aplikasi yang memiliki banyak fungsi merupakan salah satu pilihan untuk mengurangi jumlah populasi aplikasi terpasang. Sebuah aplikasi serba guna yang mampu menjalankan peran beberapa aplikasi tentu jauh lebih praktis dan efisien. Beberapa aplikasi pengelolaan data seperti Clean Master dan App2SD bisa menjadi pilihan yang praktis dan efektif untuk menggantikan banyak jenis aplikasi.

# Memilih Antivirus Dengan Teliti

Salah satu penyebab performa smartphone Android menurun adalah pengaruh dari antivirus. Beberapa antivirus memiliki kinerja yang sangat baik; tetapi pada saat yang sama menggunakan banyak sumber daya sehingga menurunkan performa smartphone. Ada baiknya untuk menghindari jenis antivirus tersebut kecuali sangat dibutuhkan.

Hindari pula menggunakan lebih dari 1 antivirus di sebuah smartphone. Keberadaan lebih dari 1 antivirus bisa memicu konflik dan memakan lebih banyak sumber daya yang justru menurunkan performa smartphone. Bahkan pada perangkat smartphone yang tidak pernah digunakan mengakses jaringan beresiko; tidak menggunakan antivirus merupakan salah satu pilihan menghemat sumber daya dan ruang penyimpanan.

# Mengelola Aplikasi Yang Bekerja Pada Background

Aplikasi yang bekerja pada di latar belakang atau background merupakan penyebab lain smartphone menjadi lemot. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan sumber daya smartphone oleh aplikasi yang bekerja di background. Jenis aplikasi tersebut bisa dikelola dengan aplikasi tertentu seperti Auto Kill yang bisa mematikan aplikasi yang tidak terlihat; tetapi terus bekerja.

# Menghindari Aplikasi Gratis

Aplikasi gratis sepertinya sangat menguntungkan penggunanya. Tetapi ada aspek negatif dari kebanyakan aplikasi gratis; yaitu disertai dengan iklan. Selama aplikasi tersebut aktif dan smartphone terkoneksi dengan internet; iklan – iklan akan terus bermunculan. Kondisi tersebut juga menurunkan performa smartphone. Ada baiknya untuk menggunakan aplikasi tanpa iklan atau memilih aplikasi berbayar yang bebas iklan.

Baca Juga : Cara membuka smartphone yg terkunci

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.