Tips Mudah Memperpanjang Usia Dan Daya Tahan Baterai Smartphone

0
34
Tips Mudah Memperpanjang Usia Dan Daya Tahan Baterai Smartphone

Tips Mudah Memperpanjang Usia Dan Daya Tahan Baterai Smartphone – Baterai merupakan nyawa dari sebuah smartphone. Bahkan smartphone yang paling canggih sekalipun tidak akan berguna jika telah habis baterainya. Berikut ini beberapa tips memperpanjang daya tahan baterai sebuah smartphone.

# Matikan Mode Getar Dan Notifikasi

Menggunakan mode getar seringkali menjadi pilihan untuk menghindari bunyi notifikasi atau panggilan yang berisik. Kelemahannya ada pada konsumsi energi listrik yang lebih besar. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan energi menggetarkan smartphone jauh lebih besar jika dibandingkan dengan membunyikan notifikasi. Solusi untuk menghindari mode Getar adalah mengecilkan volume atau pilih mode Silent saja. Pilihan lain yang bisa dilakukan adalah mematikan notifikasi dari aplikasi tertentu seperti aplikasi komunikasi teks.

# Hindari Peningkatan Suhu Yang Terlalu Tinggi

Suhu smartphone yang terlalu panas dalam durasi waktu cukup lama juga bisa menguras baterai. Penggunaan yang berlebih dalam waktu lama atau mengaktifkan terlalu banyak aplikasi bisa memicu peningkatan suhu atau overheat. Terlalu lama mengaktifkan kamera ataupun lampu juga bisa membuat smartphone mengalami peningkatan suhu.

# Hindari Meletakkan Smartphone Di Tempat Panas

Masalah suhu panas memang selalu berkaitan dengan baterai. Meletakkan smartphone di tempat yang panas baik itu dalam kondisi terjemur atau di atas benda panas juga bisa mempercepat baterai habis. Kondisi tersebut bahkan bisa merusak kemampuan baterai menyimpan energi. Terlalu sering berhubungan dengan suhu panas baik itu permukaan luar ataupun board yang suhunya meningkat bisa membuat baterai smartphone cepat menggembung.

# Lakukan Pengisian Daya Seperlunya

Kebanyakan smartphone memiliki fitur memutus aliran listrik dari charger setelah baterai penuh. Hanya saja kebiasaan melakukan charging atau pengisian daya yang terlalu lama bisa merusak baterai lebih cepat. Kebiasaan membiarkan smartphone terhubung dengan charger semalaman tidak hanya merusak baterai; tetapi juga beresiko merusak komponen lain.

# Melakukan Aktivasi Baterai Saver

Smartphone dengan sistem operasi Android 5.0 Lollipop atau yang lebih baru umumnya telah memiliki fitur Battery Saver. Fitur ini akan menurunkan performa CPU ketika energi baterai telah menurun. Fitur ini bisa diatur agar aktif ketika energi baterai tinggal menyisakan prosentase daya tertentu.

# Meminimalisir Penggunaan Aplikasi Dengan Banyak Iklan

Beberapa aplikasi secara otomatis menampilkan iklan saat smartphone aktif dan terhubung ke internet. Selain menambah konsumsi paket data; iklan yang bermunculan juga mengaktifkan aplikasi dan menggunakan energi baterai. Membiarkan iklan terus bermunculan di aplikasi yang digunakan tidak hanya membuat boros paket data; tetapi juga memperpendek usia pakai baterai. Hindari menggunakan aplikasi dengan banyak iklan atau Anda bisa mencari cara mematikan iklan di aplikasi yang digunakan.

# Manfaatkan Fitur Lokasi Dengan Bijaksana

Fitur lokasi secara aktif akan mengirim dan menerima informasi dari dan menuju perangkat smartphone. Dampaknya adalah konsumsi energi baterai yang meningkat. Mematikan fitur lokasi jika memang tidak membutuhkannya untuk keperluan navigasi ataupun keperluan lain.

# Mengatur Aktivitas Layar Smartphone

Layar smartphone yang menyala merupakan salah satu aktivitas yang membutuhkan energi listrik. Mengatur layar smartphone bisa menjadi salah satu cara menghemat dan memperpanjang usia pakai baterai; terutama pada smartphone dengan layar berukuran besar. Meredupkan layar merupakan salah satu pilihan mengurangi konsumsi energi di elemen tersebut. Cara lain yang bisa dilakukan adalah mempercepat layar memasuki mode Sleep. Menonaktifkan wallpaper animasi dan menggunakan gambar statis juga bisa mengurangi beban baterai.

# Atur Update Aplikasi

Membiarkan aplikasi melakukan update secara otomatis juga bisa membebani baterai dengan konsumsi energi yang lebih banyak. Selain itu; paket data juga akan semakin banyak terpakai untuk memenuhi aktivitas update aplikasi. Atur update aplikasi hanya ketika terkoneksi ke Wi-Fi atau pilih update aplikasi jika pengguna menginginkannya.

Baca Juga : Tips mengatasi performa hp android yg menurun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.