Beranda Tips dan Cara Tutorial Merekam Foto Berkualitas Dengan Kamera Smartphone

Tutorial Merekam Foto Berkualitas Dengan Kamera Smartphone

0
50
Tutorial Merekam Foto Berkualitas Dengan Kamera Smartphone

Tutorial Merekam Foto Berkualitas Dengan Kamera Smartphone – Banyak produk smartphone kini telah dilengkapi dengan kamera berkualitas tinggi. Hanya saja tetap dibutuhkan keterampilan untuk menggunakan kamera tersebut agar mampu merekam foto berkualitas.

#Pentingnya Memahami Karakter Kamera Smartphone

Setiap produk smartphone bisa saja memiliki karakter kamera yang berbeda. Beberapa kamera memiliki kepekaan dan kemampuan tinggi dalam merekam warna; tetapi minim dalam kecepatan merekam. Aspek – aspek teknis seperti itu wajib dipahami oleh penggunanya agar kelebihan kamera smartphone bisa dimaksimalkan dan kekurangannya tertutup.

Faktor kualitas kamera juga sangat mempengaruhi hasil rekaman foto. Kamera dengan kemampuan merekam gambar dengan kualitas 8 MP tentu akan sulit bersaing dengan kamera dengan kemampuan merekam gambar berkualitas 16 MP dalam hal ketajaman gambar. Kondisi tersebut disebabkan oleh sample rate atau resolusi dari kemampuan sensor perekaman gambar yang berbeda. Tetapi dengan faktor pengenalan karakter kamera dan juga keterampilan pengaturannya bisa membuat kamera smartphone kelas menengah menghasilkan gambar yang tajam dan menarik seperti kamera smartphone kelas atas.

#Pelajari Aspek Teknis Dari Kamera Yang Digunakan

Salah satu pilihan paling memungkinkan untuk menghasilkan foto berkualitas dengan kamera smartphone adalah merekamnya dengan pengaturan manual atau pro. Merekam foto pada fungsi manual atau pro umumnya akan memberi kesempatan bagi penggunanya untuk mengatur ISO, white balance, pencahayaan hingga menentukan titik fokus.

  • Pengaturan ISO akan mempengaruhi sensitivitas perekaman karena efek kekuatan cahaya. Menggunakan ISO rendah saat cahaya alami sangat baik bisa menghasilkan gambar dengan warna yang tajam.
  • Pengaturan pencahayaan merupakan salah satu cara menghindari penggunaan lampu kilat. Metode pengaturan pencahayaan secara manual bisa menghasilkan perekaman warna alami dari objek yang difoto.
  • Mode auto fokus bisa menjadi pilihan untuk merekam dengan cepat; tetapi menentukan fokus secara manual bisa menghasilkan ketajaman fokus layaknya kamera pro.

#Gunakan Lampu Kilat Dengan Bijaksana

Lampu kilat merupakan alat pelengkap yang bisa memungkinkan kamera merekam foto ketika dalam kondisi kekurangan cahaya. Tetapi alat pelengkap tersebut memiliki kelemahan berupa resiko hilangnya warna alami pada objek yang difoto. Menggunakan lampu kilat dengan bijaksana bisa menjadi salah satu tips penting merekam foto berkualitas dengan kamera smartphone.

Pengaturan manual atau pro bisa menjadi cara menghindari lampu kilat yang menyala secara otomatis. Membatasi paparan cahaya lampu kilat bisa menjadi cara lain menghindari pencahayaan berlebih dan hilangnya warna alami obyek foto. Cara mudah melakukan pembatasan cahaya lampu kilat pada kamera smartphone adalah dengan memanfaatkan filter. Filter lampu kilat dapat berupa benda semi transparan; bahkan selembar tisu bisa menjadi pilihan praktis mengurangi paparan lampu kilat berlebih.

#Hindari Penggunaan Zoom

Kualitas gambar yang menurun dan terlihat pecah bisa disebabkan oleh penggunaan zoom atau pembesaran gambar. Hindari melakukan zoom digital agar tidak mengurangi kepekatan piksel pada foto yang direkam. Zoom bisa digunakan pada kamera smartphone yang memiliki fungsi pembesaran analog; dengan catatan hingga pembesaran maksimal secara analog saja. Mendekati objek untuk memperoleh frame yang lebih padat tetap menjadi cara terbaik mempertahankan kepekatan piksel agar tetap maksimal.

#Framing Dan Angle

Hal teknis yang seringkali dipengaruhi oleh selera artistik fotografer adalah framing dan pemilihan angle atau sudut pandang gambar. Cara mudah untuk mempelajari dua aspek artistik tersebut adalah sering – sering melihat karya fotografer yang berkualitas. Faktor kreativitas bisa menjadi hal lain yang mampu menghasilkan framing ataupun pilihan sudut artistik.

 

Baca Juga : Tes otak dan kemampuan berpikir

Sending
User Review
0 (0 votes)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!