Saat ini, kebanyakan orang sudah pasti memiliki yang namanya Smartphone. Mungkin anda jug sudah jarang sekali melihat seseorang yang menggunakan HP lama kecuali orang tua. Alasan banyaknya orang yang menggunakan Smartphone baik itu Android atau iOS tentu saja karena segudang fitur yang dimiliki kedua jenis smartphone ini, bukan hanya untuk sarana informasi dan komunikasi Smartphone juga bisa menjadi sarana yang mempermudah dalam masalah keuangan bahkan mengetahui informasi kesehatan.
Bagi anda yang menggunakan Android, tentu saja anda pasti tahu aplikasi Google Play Store yang didalamnya terdapat segudang aplikasi yang bisa anda unduh, baik itu gratis atau berbayar. Berbagai aplikasi ini ada yang bisa membantu anda dalam membuat konten, menghilangkan penat, aplikasi tutorial yang didalamnya ada berbagai cara, seperti cara membuat kabel OTG, cara merawat hp baru dan lain sebagainya bahkan ada juga aplikasi yang bisa membantu anda dalam mengurangi penggunaan Smartphone.

Berikut beberapa aplikasi terbaik di android yang bisa membantu anda dalam penggunaan smartphone.

  1. Google News

Bagi anda yang ingin mengetahui situasi dan peristiwa yang terjadi saat ini, baik itu disekitarmu bahkan di seluruh dunia, maka anda bisa menggunakan aplikasi Google News yang akan menampilkan berbagai berita terbaru. Bahkan, disini juga anda bisa mengetahui semua harga hp Samsung dan semua harga hp Xiaomi yang terbaru
Selain itu, di Google News terdapat fitur AI atau Artificial Intelligence yang memiliki kemampuan untuk menampilkan berita – berita yang anda sukai saja. Anda bisa berlangganan berita dari sumber yang anda sukai dan membaca berita terkini.

  1. Forest: Stay Focused

Jika kebanyakan aplikasi menyuruh anda untuk terus membuka smartphone, berbeda dengan aplikasi Forest: Stay Focused ini. Aplikasi ini mendorong anda untuk meletakan smartphone anda dan menyuruh anda untuk fokus dengan apa yang sedang di hadapan anda atau yang sedang anda kerjakan. Aplikasi ini sangat membantu bagi anda yang merasa sudah ketagihan dengan smartphone.
Bagi anda yang ingin focus berinteraksi dengan orang – orang atau bekerja, anda tinggal membuka aplikasi ini dan menanam bibit virtual. Semakin lama anda focus dan bibit itu tumbuh, maka semakin besar pula pohon yang anda tanam di smartphone. Namun jika anda malah keluar dari aplikasi ini dan menggunakan aplikasi lain seperti sosmed, maka sudah pasti tanaman – tanaman virtual yang anda tanam akan mati.

  1. Home Workout – No Equipment

Aplikasi yang satu ini sangat cocok bagi anda yang jarang keluar rumah atau sibuk namun ingin melatih otot tubuh. Meskipun tanpa alat – alat fitness atau instruktur professional, anda bisa melatih tubuh anda hanya dengan menggunakan aplikasi kebugaran ini.
Di aplikasi Home Workout, anda akan melihat banyak sekali instruksi lengkap cara melatih tubuh tanpa menggunakan peralatan fitness sama sekali. Tiap gerakan yang diinstruksikan pun dikhususkan untuk mengolah tubuh bagian tertentu, baik itu perut, dada, tangan dan bagian tubuh manapun yang ingin anda latih.

  1. MusixMatch

Bagi anda yang seorang pecinta music, MusixMatch merupakan aplikasi terbaik di android yang sangat wajib anda miliki. Koleksi lirik lagu yang dimiliki MusixMatch bisa dibilang terbesar di dunia dan sudah banyak digunakan oleh jutaan orang, baik itu yang mendengarkan music di Youtube, Spotify atau aplikasi music lainnya.
Selain menyediakan lirik, MusixMatch juga mampu mengidentifikasi music – music yang kamu sukai namun kamu sendiri tidak tahu siapa pencipta dan judulnya dengan mengaktifkan fitur MusicID. Hamper mirip dengan Shazam, namun dengan MusixMatch, anda bisa mendapatkan music player, music identifier dan equalizer dalam satu aplikasi.

  1. Mimo: Learn To Code

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat banyak sekali hal yang dilakukan menjadi serba digital, sehingga banyak sekali perusahaan – perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan kemampuan Coding yang mumpuni, sehingga sudah pasti saat ini banyak sekali tempat les bahkan aplikasi yang menawarkan pendidikan Coding.
Bagi anda yang berniat untuk belajar dan mengasah kemampuan Coding, anda bisa mencoba menggunakan aplikasi Mimo: Learn to Code yang didalamnya, anda akan diajari berbagai bahasa pemrograman, baik itu Javascript, Python, HTML dan berbagai bahasa pemrograman lainnya yang dapat membantu anda dalam membuat aplikasi, game, atau website.

  1. PicsArt

Bagi anda yang suka berfoto – foto dan bermain dengan desain grafis, juga didukung smartphone dengan pixel kamera yang tinggi, maka anda wajib menggunakan aplikasi PicsArt. Aplikasi ini dapat membantu anda dalam mengedit foto dengan tool yang sangat lengkap, baik itu double exposure, contrast, filter, kolase, menambahkan stiker – stiker lucu dan lain sebagainya.
Selain mengedit foto, disini juga terkadang ada kontes foto secara online yang bisa menguji kemahiran.

  1. FilmoraGo

Bagi anda yang senang membuat konten lalu mengedit video namun tidak memiliki laptop atau terlalu malas membukanya, maka terdapat aplikasi FilmoraGo yang tersedia di Google Play Store. Meskipun tidak selengkap dengan aplikasi FilmoraGo yang ada di PC, namun aplikasi ini sangat praktis dan mudah digunakan.
Disini, anda bisa mengimpor foto dan video yang akan di edit dan memasukan berbagai efek dan transisi yang sudah tersedia disini. Filmora go juga menyediakan berbagai pilihan music – music keren yang bisa anda pakai untuk BGM video.

  1. TickTick

Aplikasi selanjutnya ini sangat berguna bagi anda yang pelupa, TickTick merupakan aplikasi To-do-list yang sangat direkomendasikan, meskipun memang tidak sepopuler aplikasi lainnya. Di aplikasi ini, terdapat fitur pengingat, notifikasi dan pengelompokan jenis tugas yang akan dilakukan.
Selain itu, anda juga bisa membagikan kegiatan yang ingin dilakukan ke teman atau keluarga anda. Meskipun memiliki banyak fitur, namun TickTick ini sangat mudah untuk digunakan.

  1. SD Maid

Mungkin anda sering dihadapkan dengan penuhnya sampah yang ada di smartphone anda, seperti sampah thumbnail, cache dan sebagainya. Sampah – sampah ini tentu saja dapat menurunkan kinerja smartphone anda karena jika smartphone anda tidak memiliki fitur pembersihan otomatis seperti hp android yang bagus, maka sampah tersebut bisa menumpuk bahkan hingga bergiga – giga besar nya.
Dengan menggunakan SD Maid, anda bisa membersihkan sampah aplikasi tersebut dengan sekali klik dan tidak perlu repot – repot dari mana sampah aplikasi itu berasal.

  1. ShareIt

Yang terakhir adalah aplikasi yang bisa mengirimkan berbagai berkas ke orang lain yaitu ShareIt. Meskipun saat ini terdapat cara menggunakan kabel OTG yang bisa membantu anda dalam memindahkan data dengan menggunakan flashdisk OTG, namun bagi anda yang tidak punya, ShareIt merupakan aplikasi yang wajib untuk dimiliki karena mampu mengirimkan berbagai file bahkan dalam ukuran yang besar.
Masih terdapat banyak sekali aplikasi – aplikasi terbaik untuk android yang bisa anda unduh sesuka hati. Misalkan saja, bagi anda yang seorang pebisnis dan sering melakukan trading, maka anda bisa menggunakan MetaTrader 4 untuk android, namun tentu saja anda harus mengerti cara menggunakan MetaTrader 4, selain itu, ada juga aplikasi yang bisa membantu anda dalam mengolah dokumen seperti OfficeSuite atau Microsoft Office untuk Android. Bagi anda yang ingin belajar bahasa asing juga bisa menggunakan Duolingo atau Memrise.
Namun tentu saja, meskipun aplikasi – aplikasi tersebut bisa anda instal sesuka hati, anda harus tahu mana aplikasi yang memang benar – benar anda butuhkan. Anda bisa menginstal semua aplikasi di atas, namun tentu saja, semakin banyak aplikasi yang anda gunakan, semakin banyak storage dan ram yang terpakai juga menyimpan banyak cache, sehingga bisa membuat kinerja smartphone anda menurun.
Itulah beberapa aplikasi terbaik di android yang bisa anda coba gunakan untuk membantu anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar