Mungkin masih banyak yang belum mengenal negara Suriname. Negara ini letaknya berada di Amerika Tengah. Ada fakta menarik mengenai negara ini, sebagian besar warganya merupakan keturunan Indonesia, khususnya Jawa. Hal itu terjadi karena waktu dulu banyak warga dari suku Jawa yang dipaksa oleh Belanda untuk menetap disana. Hingga kini, warga Suriname tak bisa lepas dari budaya Jawa dan masih memegang erat budaya itu. Mulai dari bahasa, kehidupan sehari-hari dan makanan minumannya. Penasaran dengan negara ini, baca 5 fakta menarik negara Suriname ini.

5 Fakta Suriname, Negara Di Amerika Rasa Jawa

1. Bahasa Jawa

Sebagian warga Suriname masih menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari. Nenek moyangnya ternyata mengajarkan bahasa ini kepada keturunannya, sehingga masih lestari sampai saat ini. Saat anda berkunjung ke negara ini, anda tetap akan merasakan suasana seperti di kota Solo. Anda akan mendengar orang-orang yang berbicara dengan bahasa Jawa di sepanjang jalan. Memang negara ini memiliki bahasa nasional nya, namun untuk warga keturunan Jawa masih memakai bahasa Jawa.

2. Pemerintahan

Sama seperti Indonesia, Suriname merupakan negara Republik. Mereka merdeka pada 25 November 1975 lalu. Beberapa waktu yang sempat dihebohkan dengan kabar calon presiden Suriname merupakan keturunan Indonesia. Ternyata benar, Raymond Sapoen merupakan orang keturunan Jawa, tepatnya Banyumas yang menjadi calon presiden disana. Ia bahkan berkeinginan untuk menelusuri keluarga leluhurnya yang berada di Indonesia.

3. Jamu jadi minuman favorit

Minuman sehat, jamu ternyata banyak digemari warga Suriname. Sebagian besar keturunan Jawa disana sering mengkonsumsi minuman ini. Mereka bahkan rela mendatangkan langsung jamu ini dari Indonesia. Ya, mereka melakukan itu untuk mengobati rasa rindu terhadap unsur jawa milik leluhurnya. Pihak pemerintah Suriname bahkan pernah memasukkan jamu pada pameran kebudayaan. Jamu jamu rasa beras kencur dan puyang menjadi yang paling diminati disana. Selain enak, khasiat dari minuman ini dipercaya mampu menyehatkan tubuh.

4. Bahasa Jawa Mulai Ditinggalkan

Mengalami perkembangan jaman, saat ini bahasa Jawa sudah mulai ditinggalkan. Banyak muda mudi keturunan Jawa yang sudah tidak menggunakan bahasa Jawa lagi. Untuk berbahasa Jawa pada umumnya saja tidak tertarik, apalagi dengan bahasa Jawa yang halus. Para anak muda lebih menyukai menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya. Hal ini membuat orang tua keturunan Jawa merasa khawatir dengan fenomena ini. Mereka takut bahasa Jawa sepenuhnya ditinggalkan dan tak ada lagi orang Suriname yang berbahasa Jawa.

Duta Besar Indonesia untuk Suriname saat itu, Dominicus Supratikno juga mengungkapkan hal ini. Ia sampai mendatangi Gubernur Jawa Timur saat itu, Soekarwo untuk membahas masalah ini. Ia mengatakan bahwa Suriname membutuhkan guru bahasa Jawa untuk membangkitkan bahasa Jawa disana yang mulai ditinggalkan.

5. Lagu Didi Kempot Sangat Terkenal

Salah satu penyanyi campursari yang berasal dari Jawa Tengah. Lagu-lagu miliknya ternyata cukup terkenal di Suriname. Warga keturunan Jawa disana lebih memilih mendengarkan lagu milik Didi Kempot dibanding lagu artis disana. Warga disana masih memiliki selera lagu-lagu campursari yang merupakan asli dari Jawa. Bukan hanya terkenal, Didi Kempot dikabarkan sering memenangi berbagai penghargaan disana. Hal itu membuktikan bahwa Didi Kempot memang memiliki banyak penggemar disana. Didi Kempot juga sering mengadakan konser musik di Suriname. Respon warga disana sangat baik, mereka memenuhi area penonton dan bernyanyi bersama dengan Didi Kempot.


Demikianlah mengenai 5 fakta menarik negara Suriname yang berhubungan erat dengan suku Jawa. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here