Pulau Jawa merupakan salah satu pulau besar yang ada di Indonesaia. Banyak hal yang bisa ditemui di pulau yang kaya akan budaya dan wisatanya ini. Lokasinya menjadi titik sentral perekonomian di Indonesia karena Ibukota Indonesia, Jakarta berada di pulau ini. Ada 6 provinsi yang menempati pulau ini seperti Provinsi DKI Jakarta, Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta), Provinsi Banten, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi Jawa Barat. Ada beberapa fakta menarik mengenai pulau Jawa, berikut ini adalah 5 fakta tentang pulau Jawa yang tak banyak orang mengetahui.

1. Keragaman Budaya

Pulau Jawa ditempati oleh beberapa suku seperti suku Jawa, Sunda, Betawi dan lain sebagainya. Maka tidak heran jika berada di daerah ini maka akan banyak melihat pagelaran budaya atau sejenisnya. Keragaman budaya juga membuat bahasa yang digunakan beragam. Setiap suku memiliki ciri khas bahasanya masing-masing. Selain itu juga terdapat berbagai kesenian yang bisa ditemukan di daerah ini. Misalnya saja di suku Jawa ada wayang kulit, kemudian di Sunda ada tari Jaipongan, sementara di Betawi ada Ondel-Ondel. Keberagaman itulah yang membuat Jawa sangat menarik untuk diketahui.

2. Pulau Terpadat di Indonesia

Jawa menjadi pulau terpadat yang ada di Indonesia. Jumlah penduduknya berkisar 160 juta jiwa atau 1.317 jiwa/km. Hal itu tak lepas karena pusat pemerintah yang berada di pulau ini. Penduduk pulau ini pun bukan orang asli saja, melainkan ada pendatang dari pulau lain seperti papua,Kalimantan, Sumatra dan beberapa daerah lain. Mereka kebanyakan berada di Jawa untuk belajar dan bekerja.

3. Bahasa dan Dialek Unik

Masih berkaitan dengan nomor 1, dalam berbahasa masyarakat di Pulau Jawa memiliki ciri khas tersendiri. Contohnya saja suku Jawa, meski berada di satu suku, cara berbicara masyarakatnya berbeda-beda. Untuk di Jawa bagian timur cara berbicaranya sedikit kasar. Sementara di daerah lain seperti Banyumas, Cilacap biasa disebut dengan dialek “Ngapak”. Sementara di Surakarta atau solo, gaya berbicaranya cenderung halus. Perbedaan inilah yang membuat daerah ini unik. Semua bisa dipersatukan dengan Bahasa Indonesia.

4. Kesopanan Nomor Satu

Sejak kecil anak-anak di Jawa sudah diajarkan akan tata karma yang baik. Maka tidak heran jika saat dewasa mereka mengerti bagaimana harus bersikap. Salah suku yang mengajarkan betul budaya kesopanan ialah suku Jawa. Dalam berbicara maupun bersikap kesopanan menjadi nomor satu. Misalnya saat berbicara dengan orang yang lebih tua, maka bisa menggunakan bahasa Jawa Krama. Jadi berbeda dengan saat berbicara kepada teman-teman seumuran. Budaya kesopanan bukan hanya ada di suku Jawa saja, suku lain di Jawa seperti Sunda, Betawi juga mengajarkan akan hal ini.

5. Banyak Terdapat Peninggalan Sejarah

Pulau Jawa dikenal akan peninggalan sejarah-sejarahnya. Ada banyak sejarah yang bisa diketahui di daerah ini. Banyak juga peninggalannya yang masih ada sampai saat ini. Di Jawa Barat dikenal dengan Situs Ciung Wanara Karangmulyan. Kemudian di Jawa Tengah ada Candi Borobudur, kemudian di DIY ada Candi Prambanan sementara di Jawa Timur ada Candi Singasari. Peninggalan-peninggalan ini kini dijadikan obyek wisata sejarah. Selain untuk hiburan juga digunakan untuk sarana belajar. Itu hanya sebagian kecil peninggalan yang bisa disebutkan, ada banyak lagi peninggalan yang ada di Jawa.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 fakta tentang pulau jawa yang tak banyak orang mengetahuinya. Pulau Jawa memiliki ciri khas tersendiri dibanding pulau lainnya yang tak kalah istimewanya juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here