5 Gangguan yang sering terjadi pada mata manusia

Salah satu penunjang kelancaran aktivitas kita ialah mata. Kita tentu tidak menginginkan mata kita mengalami gangguan. Karena jika itu terjadi, akan ada banyak pekerjaan tidak terselesaikan tepat waktu. Untuk itu, menjaga kesehatan mata sangat diperlukan bagi siapapun. Ada banyak gangguan pada mata yang sering terjadi pada manusia. Gangguan-gangguan seperti ini sangat merugikan kita, apalagi saat sedang sibuk-sibuknya beraktivitas. Berikut ini adalah gangguan pada mata yang sering dialami kebanyakan orang. Baca : Cara Menjaga Kesehatan Mata Untuk Meminimalisir Gangguan Pada Mata

# Mata Kering

Cara Menjaga Kesehatan Mata Untuk Meminimalisir Gangguan Pada Mata

Kondisi ini biasa dikenal sebagai “mata kering” yang terjadi ketika kelenjar air mata tidak mencukupi kebutuhan air mata atau menghasilkan air mata berkualitas buruk. Mata kering dapat membuat seseorang tidak nyaman, menyebabkan gatal-gatal atau sampai kehilangan penglihatan. Salah satu cara menangani masalah ini yakni dengan menggunakan obat tetes mata khusus yang mensimulasikan air mata nyata.

# Presbiopi

Cara Menjaga Kesehatan Mata Untuk Meminimalisir Gangguan Pada Mata

Presbiopi  adalah hilangnya kemampuan untuk melihat dengan jelas objek dekat. Sebagai bagian dari proses penuaan alami mata, presbiopia sering disamakan dengan rabun jauh tetapi keduanya tidak sama. Gejala ini kebanyakan dialami oleh orang lanjut usia, maka tidak heran jika Presbiopi  selalu dikaitkan dengan tanda-tanda penuaan.

# Tearing

Cara Menjaga Kesehatan Mata Untuk Meminimalisir Gangguan Pada Mata

Jika mata anda menghasilkan terlalu banyak air mata, mungkin mata anda sedang terkena gangguan yang biasa disebut tearing. Hal ini mungkin mengindikasikan bahwa mata anda sangat sensitif terhadap perubahan cahaya, angin atau suhu. Untuk mengatasi gangguan ini, anda bisa mencoba menggunakan kacamata hitam saat berada di luar rumah saat terik matahari.

# Glaukoma

Cara Menjaga Kesehatan Mata Untuk Meminimalisir Gangguan Pada Mata
glaukoma

Glaukoma adalah suatu kondisi yang menyebabkan kerusakan pada saraf optik mata. Gangguan ini akan semakin parah jika hanya dibiarkan saja. Jika kerusakan saraf optik terus berlanjut, glaukoma akan menyebabkan kehilangan penglihatan permanen. Karena kebanyakan orang yang memiliki gangguan glaukoma tidak mengalami gejala, penting untuk memeriksakan mata ke dokter secara teratur sehingga glaukoma dapat didiagnosis dan diobati sebelum kehilangan penglihatan jangka panjang terjadi.

# Katarak

Cara Menjaga Kesehatan Mata Untuk Meminimalisir Gangguan Pada Mata
katarak

Katarak ditandai dengan lensa putih dan berwarna susu di mata, sebagian besar katarak dikaitakan dengan usia dan umumnya terjadi pada orang di atas 50 tahun, namun tidak menutup kemungkinan usia berapapun bisa mengalami. Katarak biasanya terjadi karena paparan sinar UV. Jika tidak diobati, katarak pada akhirnya dapat menyebabkan kehilangan penglihatan yang parah.

Namun katarak masih bisa diobati dengan cara operasi. Sudah banyak pengidap katarak yang sembuh usai menjalani operasi.  Tindakan operasi biasanya dilakukan tergantung pada tingkatan parah atau tidaknya katarak tersebut. Untuk itu lebih baik berkonsultasi dengan dokter spesialis mata agar gangguan ini bisa segera diobati.

Itulah 5 gangguan yang sering terjadi pada mata manusia. Untuk menjaga kesehatan mata, anda bisa memakan makanan yang bergizi. Selain itu hindarilah hal-hal yang menyebabkan gangguan pada mata anda.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here