Bumi yang kita tinggali ini memiliki banyak sekali tempat-tempat yang indah. Air terjun adalah salah satu keindahan yang ditawarkan bumi. Aliran air yang begitu banyak melintasi tebing yang tinggi sebelum jatuh ke tanah yang biasanya sudah berbentuk kubangan. Siapa saja yang melihatnya akan terpikat dengan keindahannya. Ada banyak air terjun yang ada di dunia, namun ada 10 air terjun terbesar. Inilah air terjun yang bisa membuat anda terkagum-kagum.

1.    Gullfoss

Gullfoss atau Air Terjun Emas adalah air terjun paling indah di Islandia. Banyak orang yang dibuat terpana dengan keindahan yang ditawarkan air terjun ini. Meski hanya memiliki ketinggian 32 meter, derasnya aliran airnya bisa membuat suasana segar kembali. Aliran air yang deras bisa membuat hati merasa tenang.

2. Jog Falls

Jog Falls, merupakan air terjun terbesar kedua di India. Lokasinya berada di aliran Sungai Sharavathi dengan ketinggian 253 meter. Masyarakat sekitar juga biasanya menyebut air terjun ini dengan sebutan Air Terjun Gersoppa. Jika anda ingin berkunjung ke air terjun ini, anda bisa pergi ke daerah bernama Karnataka. Saat musim kemarau, mungkin air terjun ini hanya terlihat aliran air kecil yang tak indah. Namun begitu hujan turun, air terjun ini menjelma menjadi air terjun besar yang indah.

3. Kaieteur Falls

Saat berlibur ke Guyana, anda harus mengunjungi Air Terjun Kaieteur. Ini menjadi rencana yang sempurna untuk anda berlibur bersama keluarga maupun kekasih. Air terjun ini melintasi Sungai Potaro dan memiliki volume air yang tinggi. Sekitar 663 meter kubik air per detik terjun dari atas tebing dan berketinggian 226 meter. Meski terdengar mengerikan, tak akan rugi untuk bisa berlibur ke tempat ini.

4. Ban Gioc – Air Terjun Detian

Ban Gioc – Air Terjun Detian merupakan 2 air terjun yang berada di Sungai Quây Sơn atau Sungai Guichun. Sungai ini melintasi perbatasan antara Tiongkok dan Vietnam. Meski hanya memiliki ketinggian 60 meter, air terjun ini tak kalah indah dengan air terjun yang lainnya.

5. Victoria Falls

Hampir semua orang mengetahui Air Terjun Victoria yang terkenal dengan keindahannya. Air Terjun ini berada di Sungai Zambezi di perbatasan Zambia dan Zimbabwe. Banyak orang menyebutkan bahwa air terjun ini merupakan yang terbesar di dunia. Dengan lebar 1,7 kilometer dan tinggi 108 meter, tak heran jika air terjun ini dikatakan demikian.

6. Iguazu Falls

Air Terjun Iguazu Falls kerap disebut-sebut menjadi salah satu keajaiban yang ada di dunia. Terletak di perbatasan Brazil dan Argentina, air terjun ini memiliki aliran yang deras. Air terjun ini memiliki tinggi 82 meter dengan lebar 150 meter serta memiliki air terjun sepanjang 700 meter. Banyak orang yang sering kali berkunjung ke tempat ini. Bahkan keindahannya sering diperbandingkan dengan Air Terjun Victoria.

7. Niagara Falls

Air Terjun Niagara bisa dibilang menjadi air terjun paling terkenal di dunia. Lokasinya berada di perbatasan antara Ontario, Kanada dengan negara bagian di New York. Air Terjun ini memiliki ketinggian 51 meter. Keindahannya bisa terlihat dengan adanya tiga titik air terjun yakni Air terjun Horseshoe, Air terjun America Air terjun Bridal Veil. Jutaan orang berkunjung ke tempat ini setiap tahunnya dan menjadikannya lokasi wisata favorit di dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here