7 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok adalah salah satu masalah paling umum yang dialami banyak orang. Hal ini sangat ditakuti oleh sebagian orang yang masih berusia muda. Mereka tidak ingin rambut mereka rontok yang akan berakibat kebotakan. Rasa malu, penampilan kurang segar mungkin akan terjadi jika memiliki kepala botak. Alhasil, setiap hari harus menggunakan topi atau penutup kepala lain untuk menyembunyikan kebotakan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Dengan melakukan beberapa hal ini secara rutin, rambut anda akan selalu sehat dan terhindar dari kebotakan.

1. Mengkonsumsi vitamin

Mengkonsumsi vitamin bukan hanya menyehatkan tubuh secara keseluruhan, namun juga sangat baik untuk rambut anda. Dengan Vitamin A produksi sebum akan meningkat sehingga kesehatan kulit kepala terjaga. Kemudian Vitamin E berguna untuk melancarakan sirkulasi darah untuk membantu folikel rambut berproduksi. Ada lagi Vitamin B yang bisa membantu mempertahankan warna rambut agar tetap sehat.

2. Pijat kulit kepala dengan minyak esensial

Mereka yang telah mengalami kerontokan rambut selama harus mencoba memijat kulit kepala dengan minyak esensial selama beberapa waktu. Hal ini akan membantu folikel rambut anda tetap aktif. Anda bisa menambahkan lavender dalam minyak almond atau wijen. Dengan hal ini, kesehatan rambut anda akan tetap terjaga dengan baik dan memperbaiki rambut yang rusak.

3.Hindari menyisir  rambut yang basah

Saat rambut basah, rambut anda berada di titik terlemah. Jadi hindari menyisir rambut yang basah karena kemungkinan rambut rontok sangat tinggi. Namun jika anda tetap ingin menyisir rambut saat basah, gunakan sisir bergigi lebar. Hindari juga menyisir rambut terlalu sering karena hal itu dapat melukai rambut dan meningkatkan kerontokan. Gunakan jari Anda untuk merapikan rambut yang terlihat kusut.

4. Gosokkan teh hijau ke rambut Anda

Menggosokkan the hijau ke rambut ternyata berdampak baik untuk kesehatan rambut. Caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu menyeduh dua kantong the hijau kedalam secangkir air panas, kemudian diamkan hingga dinggin. Lalu anda bisa mengoleskan air the hijau tersebut ke rambut anda, bilas dengan air bersih setelah satu jam. Lakukan hal ini selama seminggu atau sepuluh hari secara rutin.

5. Kurangi stress anda

Stess menjadi salah satu pemicu rontoknya rambut seseorang. Banyaknya pikiran membuat kepala seperti panas sehingga membuat rambut cepat rontok. Untuk menghindari hal ini, anda bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk mengurangi pikiran anda.Kegiatan meditasi juga menjadi cara alternatif juga akan mengembalikan keseimbangan hormone yang baik untuk rambut.

6. Ubah cara Anda menata rambut

Gaya rambut ternyata cukup berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Gaya kucir kuda atau kepang yang banyak disukai orang ternyata sangat buruk bagi rambut. Anda bisa menata rambut anda secara biasa tidak memaksakan rambut anda untuk mengikuti kemauan anda.

7. Awasi penggunaan obat-obatan

Hati-hati menggunakan obat-obatan. Tanpa disadari, obat-obatan ternyata memiliki efek samping yakni  kerontokan rambut. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat-obatan sebaiknya bertanya dahulu kepada dokter apakah obat yang akan dikonsumsi memiliki efek samping terhadap rambut.

Itulah 7 cara ampuh mengatasi rambut rontok untuk menghindari kebotakan. Hindari atau lakukan hal-hal tersebut demi kesehatan rambut anda.

Baca Juga :

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here