Ada salah satu bagian bumi kita memiliki daerah yang unik. Tempat ini biasanya disebut dengan nama kutub utara. Daerah ini diketahui memiliki suhu yang ektrem sehingga manusia akan sulit hidup disini. Namun ada spesies hewan juga yang bisa bertahan hidup selama beberapa tahun. Hewan-hewan tersebut diantaranya Paus Beluga, Lynx Kanada, Angsa Tundra. Akan tetapi kali ini kita tidak akan membahas hewan-hewan diatas. Melainkan 7 fakta menarik mengenai kutub utara yang harus kalian tau.

1. Narwhal Si Paus Bertanduk


Di kutub utara, hidup spesies paus yang biasa disebut paus bertanduk. Penyebutan nama ini sesuai dengan bentuk tubuh hewan ini yang memiliki tanduk. Narwhal hidup di samudra arktik dan tergolong sebagai paus kecil. Hewan ini seringkali juga disebut dengan paus unicorn. Hal itu dikarenakan tanduk yang ia miliki mirip seperti unicorn yang kita ketahui.

2. Tidak Memiliki Tanah


Kutub utara sama sekali tidak memiliki unsur tanah di daerahnya. Oleh karena itu, daerah ini tidak diklasifikasikan sebagai sebuah benua. Berbeda dengan kutub selatan yang memiliki tanah sehingga disebut sebagai benua Antartika. Kutub utara hanya memiliki es es yang begitu banyak hingga membentuk daratan. Sehingga kapan saja gundukan es tersebut bisa mencair hingga menghilang berubah menjadi air.

3. Hanya Ada Es


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, di kutub utara hanya ada es yang sangat banyak. Jadi berbeda dengan kutub selatan yang menggabungkan es dan daratan. Dengan hal itu, kemungkinan es di kutub utara mencair tak bersisa bisa saja terjadi. Apalagi kutub utara memiliki suhu yang lebih panas dibanding dengan kutub selatan. Para ilmuan berulangkali melakukan penelitian mengenai kemungkinan es di kutub utara lenyap.

4. Es Berkurang Setiap Tahun


Pada musim panas, sebagian es di kutub utara akan meleleh. Namun es tersebut akan kembali ketika musim dingin datang. Namun kembalinya es pada musim dingin itu tak sebanding dengan es yang berkurang. Ya, setiap tahunnya es tersebut mengalami penurunan dalam hal jumlahnya. Ini menjadi masalah serius jika es di kutub utara benar-benar berkurang setiap tahunnya.

5. Malam Hari Selama 6 Bulan Dalam Setahun


Kutub Utara menjadi daerah yang jarang terlintasi oleh sinar matahari. Bahkan sekitar enam bulan dalam setahun kutub utara akan mengalami malam total. Hal ini juga yang membuat suhu disana semakin dingin sehingga es bisa terbantuk saat itu. Jika ada orang yang tinggal disana, mereka akan kesulitan mendapatkan pencahayaan setiap saat.

6. Tidak Ada Pinguin


Banyak orang yang beranggapan bahwa pinguin akan selalu hidup di daerah dingin. Kutub utara bukanlah rumah bagi pinguin melainkan Beruang Kutub. Berbicara soal beruang kutub, sedikit menyedihkan. Pasalnya kehidupan mereka terancam akibat es yang kian mencair akibat pemanasan global. Oleh karena itu sekarang sedang diupayakan dengan berbagai cara untuk mengurangi pemanasan global yang telah terjadi.

7. Tidak Ada Zona Waktu


Di kutub utara, matahari hanya terbit dan terbenam selama sekali dalam setahun. Jadi akan sangat sulit untuk bisa menikmati sunrise maupun sunset di sana. Hal itu juga membuat kutub utara tidak memiliki zona waktu. Sebagian dari mereka yang berkunjung kesana akan menggunakan zona waktu lokal miliknya.

Itulah 7 fakta menarik mengenai kutub utara yang harus kalian tau. Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Terimakasih sudah berkenan membaca artikel ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here