Menjalani olahraga kebugaran menjadi sangat penting bagi anda yang masih dalam masa produktif. Tubuh anda harus tetap bugar untuk bisa menjalani aktivitas padat dalam keseharian. Anda bisa pergi ke gym untuk berolahraga dengan mencoba angkat beban, atau anda bisa melakukan jogging yang tak membutuhkan biaya alias gratis. Ada manfaat tersendiri setelah anda menjalani olahraga kebugaran. Berikut adalah manfaat olahraga kebugaran untuk tubuh anda.

1 Mengurangi resiko demensia Anda

Demensia merupakan gejala yang berkaitan dengan penurunan kemampuan otak. Sehingga berakibat seperti berkurangnya daya ingat, sampai-sampai menurunnya daya pikir otak. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa memiliki tubuh yang bugar akan mengurangi resiko terkena demensia. Gejala ini berbahaya jika dialami seseorang yang masih muda, karena masih membutuhkan daya pikir dan ingatan yang baik.

2. Mengurangi risiko osteoporosis Anda

Memiliki tubuh yang bugar akan mengurangi resiko osteoporosis . Setiap orang yang bugar mampu beraktivitas dengan baik. Sehingga kesehatan tulang bisa terjaga dengan baik. Salah satunya dengan melakukan olahraga seperti jogging, angkat berat hingga badminton. Saat tubuh anda bugar, anda akan bersemangat untuk berolahraga.

3. Menjaga Kondisi Otot

Seiring bertambahnya usia, otot yang dimiliki tubuh kita akan kurang efisien dalam bekerja. Selain itu otot tubuh juga akan lebih cepat rusak. Dengan berolahraga, kesehatan otot bukan hanya akan tetap terjaga, namun akan mengalami peningkatan. Hal ini akan membuat anda bisa mengerjakan tugas-tugas yang harus anda kerjakan. Anda akan lebih cepat dalam bekerja jika memiliki otot yang sehat.

4. Melancarkan pencernaan

Dengan berolahraga, otot-otot usus anda akan bekerja dengan baik. Ini akan berdampak pada kinerja usus dalam memecah makanan anda kemudian mengalirkan kebagian lain dengan cepat. Anda juga akan merasakan otot-otot perut lebih baik sehingga menghindari kelesuan yang bisa dialami.

5. Mengurangi stres, depresi dan kecemasan

Stres memang kerap menjadi momok bagi orang yang mengalami kesibukan. Anda harus bisa meluangkan waktu untuk berolahraga agar pikiran anda bisa segar. Dengan berolahraga, suhu tubuh anda juga akan meningkat, hal itu berefek pada ketenangan pada saraf. Dengan berlolahraga, neurotransmiter dan endorfin akan membuat anda merasa senang dan melepaskan segala depresi yang dirasakan.

6. Mengurangi risiko kanker

Beberapa penelitian mengatakan bahwa resiko kanker paru-paru, usus besar akan bisa dihindari oleh orang yang rajin berolahraga secara teratur. Olahraga juga akan mencegah kanker payudara timbul pada perempuan. Sangat disarankan untuk rutin berolahraga, minimal 3 kali dalam seminggu agar anda bisa tetap bugar.

7. Menjaga Kondisi Kulit

Memiliki kulit yang kencang (tidak keriput merupakan keinginan semua orang. Olahraga akan membuat aliran darah pada kulit anda berjalan dengan lancar. Jika anda memiliki banyak jerawat, kemungkinan besar karena anda kurang berolahraga. Hal itu seperti yang dinyatakan oleh sebuah penelitian bahwa dengan berolahraga akan mengurangi resiko terkena jerawat berlebihan. Keringat yang timbul setelah berolahraga juga akan menghilangkan sumbatan pada pori-pori dan membantu membersihkan jerawat. Hingga akhirnya, kulit anda terbebas dari minyak dan kotoran.

8. Meningkatkan kinerja mental dan produktivitas kerja

Semua orang percaya bahwa dengan berolahraga akan meningkatkan kualitas hidup anda. Dengan tubuh yang bugar, anda akan memiliki kepercayaan diri saat bekerja. Produktivitas anda juga akan meningkat setelah rutin berolahraga. Jadi anda bisa melakukan olahraga rutin agar memiliki semangat dalam bekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here