Sebagai agama yang besar, Islam memiliki tempat-tempat yang dianggap penting dan sakral. Tempat-tempat ini kebanyakan merupakan tempat ibadah. Namun dimasing-masing tempat itu memiliki ciri khas yang berbeda. Banyak pemeluk agama Islam yang sering berkunjung ke tempat-tempat ini. Selain untuk beribadah, mereka juga ingin mengetahui sejarah mendalam tentang tempat tersebut. Mari kita lihat 5 tempat penting bagi umat Islam yang ada di dunia. Simak dibawah ini.

1. Ka’bah

Ka’bah merupakan sebuah bangunan kecil yang berada di tengah Masjidil Haram. Orang islam menganggap tempat ini sangat penting dan dianggap paling suci di dunia. Saat beribadah, orang-orang Islam juga akan mengarahkan arah shalat lima waktunya ke Ka’bah. Meski begitu, orang Islam tak menganggap bangunan ini sebagai Tuhan. Setiap orang yang berjadi juga akan mendatangi tempat ini untuk melakukan Tawaf. Tawaf merupakan kegiatan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali.

2. Masjidil Haram

Masjidil Haram merupakan masjid yang terletak di Mekah, Arab Saudi. Masjid ini mengelilingi Ka’bah yang menjadi pusat arah shalat umat Islam. Banyak orang menyebut bahwa masjid ini merupakan yang terbesar di dunia. Saat ini selain untuk beribadah, Masjidil Haram sering dikunjungi oleh para peziarah. Menurut sejarah, masjid ini dibangun oleh Nabi Ibrahim dan Ismail.

3. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi berada di Madinah, Arab Saudi. Nama masjid ini bisa diartikan sebagai ‘Masjid Nabi’. Menurut sejarah, ketika Nabi Muhammad SAW mengalami percobaan pembunuhan karena mengajarkan ajaran baru, ia dan pengikutnya meninggalkan kota Mekah dan menuju ke Madinah. Disitulah ia membuat masjid dan juga tempat tinggal. Hal itulah yang membuat masjid ini diartikan sebagai ‘Masjid Nabi’. Makam Nabi Muhammah SAW juga berada disini, tepatnya berada di bawah kubah hijau. Jika anda berkunjung ke Masjid Nabawi, anda pasti akan melihat makam Nabi Muhammad SAW yang juga banyak didatangi oleh orang Islam lainnya.

4. Masjid Al Aqso

Masjid Al Aqsa berada di Yerusalem. Tempat ini juga dianggap paling suci dibanding tempat-tempat lainnya. Masjid ini biasa disebut juga dengan Baitul Maqdis. Umat Islam mempercayai bahwa ditempat inilah Nabi Muhammad SAW dibawa ke Surga untuk bertemu Allah SWT. Awalnya, masjid ini digunakan sebagai arah umat Islam dalam menjalani shalat lima waktu. Hal itu terjadi saat awal-awal generasi Islam. Kemudian arah shalat itu dipindahkan ke Ka’bah yang berada di Mekah.

5. Masjid Qiblatain

Masjid Qiblatain merupakan masjid yang terletak di Madinah. Masjid ini kerap disebut dengan Masjid Bani Salamah oleh umat Islam. Tempat ini dipercayai sebagai tempat dimana Nabi diperintahkan agar mengubah arah shalat dari sebelumnya di Yerusalem ke mekah. Masjid Qiblatain sudah mengalami banyak perubahan, namun sama sekali tidak menghilangkan ciri khas masjid ini

6. Masjid Quba

Masjid Quba terletak di kota Madinah, Arab Saudi. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW 1 Hijriyah atau 622 Masehi. Masjid ini memang tidak setenar Masjidil Haram atau Masjid Al Aqsa. Namun masjid ini juga dianggap penting bagi umat Islam. Masjid ini memiliki keistimewaan tersendiri. Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi RA, seseorang yang melakukan shalat di masjid ini akan mendapat pahala setara pahala berumrah.

6 tempat yang dianggap paling penting ini memiliki keistimewaan tersendiri. Umat Islam sangat senang bila mengunjungi tempat-tempat ini. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here