Alergi-alergi Unik Yang Mungkin Terdengar Asing
Alergi-alergi Unik Yang Mungkin Terdengar Asing

Alergi-alergi Unik – Jika Anda mendengar kata alergi, pasti dikaitkan dengan alergi terhadap makanan tertentu. Jangan salah, alergi bukan hanya alergi makanan saja. Ada beberapa alergi yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

“Alergi-alergi Unik Yang Mungkin Terdengar Asing”

Alergi Terhadap Olahraga

Alergi-alergi Unik
Alergi ini terdengar sangat aneh karena pada dasarnya manusia tidak bisa lepas dari olahraga untuk kesehatan tubuh. Yang seperti kebanyakan orang ketahui olahraga sangat penting untuk kebugaran dan membantu bagi Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal. Namun, lain halnya bagi orang yang memiliki alergi olahraga. Kondisi dimana bagi penderitanya akan mengalami reaksi yang cukup parah setelah berolahraga, bisa berupa kram, sakit kepala, maupun gatal-gatal. Jadi, jangan heran jika ada seseorang yang mengatakan alergi terhadap olahraga. Karena hal itu bisa benar-benar terjadi dan berbahaya jika memaksakan orang tersebut untuk beraktivitas fisik berlebih.

Alergi Terhadap Matahari

Alergi-alergi Unik
Bagi penderita alergi ini, disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Alergi ini yang disebut solar urticaria menyebabkan penderitanya mengalami ruam-ruam, gatal yang menyengat, dan bengkak di sekujur badan. Munculnya gejala alergi akan terlihat 30 menit setelah terkena sinar matahari dan beberapa menit kemudian akan menghilang dengan sendirinya. Penderita alergi ini bisa dialami pada usia berapapun.

Alergi Terhadap Udara Dingin

Alergi-alergi Unik
Gejala alergi terhadap udara dingin tidak hanya berupa flu saja. Penderitanya akan mengalami flu yang disertai sesak napas, gatal-gatal, dan rasa panas di sekitar hidung maupun tubuh. Untuk alergi ini bisa diminimalisir gejalanya dengan obat-obatan yang bisa ditemukan di apotek sesuai anjuran dokter.

Alergi Terhadap Bahan Kulit

Alergi-alergi Unik
Jenis alergi ini timbul pada saat penderitanya menggunakan tas, sepatu, maupun aksesoris yang berbahan kulit. Gejala yang ditimbulkan berupa ruam-ruam kemerahan pada kulit saat bersentuhan dengan bahan kulit. Alergi ini disebut dermatitis kontak yang disebabkan oleh senyawa kimia yang dikandung pada saat proses pewarnaan bahan kulit. Jika pernah mengalami alergi bahan kulit sebelumnya, disarankan untuk mulai menghindari barang-barang yang menggunakan bahan kulit. Sehingga alergi Anda tidak akan muncul kembali.

Alergi Terhadap Air

Alergi-alergi Unik
Tidak bisa dibayangkan jika Anda memiliki alergi terhadap air. Seperti yang diketahui bahwa kehidupan sehari-hari sangatlah bergantung pada air. Entah itu untuk mandi, mencuci, meminum air, maupun bersih-bersih, ada peran air yang sangat penting di dalamnya. Lain halnya bagi penderita alergi air, jika terkena air sedikit saja maka akan timbul rasa gatal dan benjolan merah di bagian tubuh yang tesentuh air. Alergi ini cukup menyiksa bagi penderitanya karena tidak bisa beraktivitas dengan menggunakan air. Dari beberapa sumber terkait penderita alergi air, sampai saat ini penderita masih bisa mengonsumsi air tanpa mengalami komplikasi yang parah pada tubuhnya.

Alergi Terhadap Listrik

Alergi ini masih cukup langka untuk ditemukan. Penderita alergi ini akan membuatnya menarik diri dari kehidupan sosial, menjauh dari hingar bingar dan menyendiri di dalam ruangan tanpa listrik. Gejala yang ditimbulkan dari alergi listrik ini menyebabkan rasa sakit kepala yang menyengat dan juga nyeri di bagian dada. Medan elektromagnet yang dipancarkan oleh perangkat-perangkat berarus listrik dapat memunculkan gejala tersebut. Jadi, jangan heran jika penderita alergi ini akan mengurung diri dan menutup akses terhadap kemajuan teknologi.

Alergi Terhadap Sentuhan

Alergi-alergi Unik
Jika Anda menemukan orang yang memiliki ruam dan benjolan merah setelah bersentuhan, maka orang tersebut bisa jadi menderita alergi sentuhan.  Alergi ini disebut juga dermatographia dimana penderitanya memiliki kulit yang sangat sensitif jika terkena sentuhan, baik sentuhan dengan orang lain, maupun bersentuhan dengan benda seperti kain baju ketat yang menggesek kulit, bahkan handuk yang digunakan setelah mandi. Alergi ini juga dapat memunculkan gejala ruam merah ketika kulit mendapat tekanan dari kuku jari Anda, jadi seperti menulis di atas kulit. Untuk mengurangi rasa gatalnya bisa menggunakan antihistamin, atau bisa menunggu selama 30 menit untuk melihat kulit kembali ke warna normal.

Perlu diperhatikan bagi Anda yang mungkin mengalami salah satu alergi yang cukup unik di atas, Anda bisa langsung mengetahui ciri-cirinya dan usahakan untuk terhindar dari segala macam yang dapat menimbulkan gejala alergi tersebut, seperti

  • Bagi Anda yang mempunyai alergi terhadap bahan kulit, segera hindari barang-barang yang menggunakan bahan kulit

Bagi Anda yang mempunyai alergi cukup berat, seperti alergi terhadap air, udara dingin, dan matahari, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi langsung dengan ahlinya. Hal ini bisa membantu untuk meminimalisir timbulnya gejala-gejala alergi yang cukup parah.

Baca Juga :

 

By:

Sahabat Halunik.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here