Cara Membuat Kamera Pengawas Dengan Kamera Smartphone

Cara Membuat Kamera Pengawas Dengan Kamera Smartphone – Kamera keamanan ternyata bisa dibuat dengan memanfaatkan sebuah smartphone dengan kamera. Tutorial berikut ini bisa menjadi panduan membuat CCTV praktis dengan memanfaatkan smartphone.

# Memanfaatkan Kamera Smartphone Sebagai Kamera Keamanan

Sebuah IP kamera yang umum digunakan sebagai kamera pengawas atau CCTV sebenarnya memiliki cara kerja yang sama dengan kamera smartphone. Keduanya memiliki kemampuan merekam gambar dan mengirimkannya pada perangkat lain sebagai monitor menggunakan jaringan internet. Alih – alih membeli kamera IP baru; Anda bisa memanfaatkan smartphone yang dalam kondisi baik tetapi tidak lagi dipakai sebagai sebuah kamera CCTV.

Untuk memenuhi fungsi kamera CCTV; sebuah smartphone berkamera harus dilengkapi dengan beberapa item lain. Dua item penting yang harus ada adalah smartphone yang digunakan untuk memantau dan sebuah aplikasi yang akan merubah sebuah smartphone berkamera sebagai kamera IP.

# Memilih Aplikasi Kamera IP

Ada banyak pilihan aplikasi kamera IP yang bisa dipilih di Google PlayStore. Semuanya bisa digunakan untuk merubah sebuah smartphone berkamera menjadi sebuah kamera IP. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk digunakan adalah IP Webcam. Kelebihan utama dari aplikasi tersebut adalah gratis; jadi Anda tidak perlu membayar untuk mengunduh dan memasangnya. Aplikasi tersebut juga bisa langsung Anda gunakan setelah diunduh dan dipasang.

# Melakukan Pengaturan Aplikasi Dan Kamera

Baca juga : merekam foto berkualitas dengan kamera smartphone

Setelah aplikasi kamera IP diunduh dan dipasang; Anda bisa mulai melakukan pengaturan. Kelebihan dari aplikasi IP Webcam yang direkomendasikan tadi adalah minim kebutuhan pengaturan. Bahkan aplikasi tersebut bisa digunakan langsung tanpa harus melakukan pengaturan.

Anda cukup menyambungkan aplikasi tersebut ke perangkat smartphone Android yang akan digunakan sebagai kamera IP. Caranya adalah dengan membuka aplikasi IP Webcam dan kemudian membuka menu dan memilih Start Server. Setelah melakukan pilihan tersebut; maka secara otomatis kamera yang akan digunakan sebagai kamera pengawas akan menyala.

# Mendapatkan IP Address Untuk Melakukan Koneksi

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah melakukan pengaturan untuk menghubungkan kamera pengawas dengan perangkat lain sebagai media pengawas. Media pengawas ini dapat berupa komputer PC, laptop atau perangkat smartphone Android yang lain. Gambar yang ditangkap oleh kamera pengawas akan dikirimkan melalui jaringan Wi-Fi ke perangkat pengawas yang dikoneksikan.

Cara menghubungkan kamera pengawas dengan perangkat pengawas bisa dilakukan dengan menekan tombol Start Server. Anda kemudian akan mendapatkan IP Address atau alamat IP yang akan menghubungkan kedua perangkat kamera CCTV dan perangkat pengawas. Pastikan kamera telah menyala dan terkoneksi pada jaringan Wi-Fi.

# Menghubungkan Kamera Dengan Layar Pengawas

Cara menghubungkan kedua perangkat tersebut juga sangat mudah. Cukup dengan membuka browser apa saja dan menghubungkan perangkat pengawas pada jaringan Wi-Fi. Kemudian ketik alamat IP atau IP address yang sebelumnya muncul setelah menekan Start Server dan memulai mengirimkan streaming video. Pengaturan kemudian bisa dilakukan untuk memperoleh kualitas gambar yang sesuai dengan kecepatan jaringan ataupun framing berupa pengaturan perbesaran pada kamera pengawas yang digunakan.

# Kelebihan Kamera Smartphone Sebagai Kamera CCTV

Penggunaan smartphone berkamera sebagai pengganti kamera CCTV konvensional ternyata memiliki cukup banyak kelebihan. Salah satunya tentu saja Anda tidak perlu membeli kamera baru jika telah memiliki perangkat smartphone yang masih dalam kondisi baik; tetapi tidak lagi digunakan. Kelebihan lain ada pada kemudahan pengaturannya. Kamera smartphone yang memiliki fitur lampu kilat LED bisa menghasilkan solusi penerangan jika dibutuhkan. Perangkat smartphone dengan kamera yang baik umumnya juga telah memiliki mode Night Vision yang memiliki kemampuan merekam gambar dalam kondisi minim cahaya atau gelap.

Baca Juga : Cara membuka smartphone yg terkunci

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here