Cara Membuka Smartphone Yang Terkunci Karena Lupa Atau Salah Mengisi Pola Kunci

Cara Membuka Smartphone Yang Terkunci Karena Lupa Atau Salah Mengisi Pola Kunci – Menjaga keamanan informasi dalam sebuah smartphone bisa dilakukan dengan memasang kunci atau lock. Tetapi kegagalan dalam membuka kunci atau melakukan unlock bisa menjadi masalah bagi penggunanya.

# Mengenal Kunci Keamanan Smartphone

Prosedur membuka smartphone dapat dilakukan dalam beberapa cara; tergantung dari jenis smartphone dan sistem penguncian yang menyertainya. Kunci smartphone yang paling umum adalah menulis angka sebagai kata kunci. Selain itu; membuat pola tertentu untuk menghubungkan angka – angka yang muncul di layar menjadi metode lain yang umum dilakukan untuk membuka kunci. Kesalahan menulis angka atau membuat pola sebanyak 5 kali berturut – turut bisa membuat smartphone terkunci.

#Metode Kunci Keamanan Smartphone

Beberapa smartphone terkini memiliki sistem penguncian yang lebih rumit berkat penggunaan fitur keamanan tertentu. Salah satu metode baru membuka dan mengunci smartphone adalah dengan menggunakan pemindaian sidik jari. Metode ini hanya bisa dilakukan pada perangkat smartphone yang memiliki pemindai sidik jari atau fingerprint scanner.

Metode lain yang kini juga mulai banyak digunakan untuk membuka kunci smartphone adalah dengan deteksi wajah. Fitur keamanan ini umumnya hanya digunakan oleh smartphone dengan kemampuan tinggi dalam merekam gambar. Salah satu syaratnya adalah memiliki kamera sekunder atau kamera selfie dengan kualitas tinggi. Selain itu dibutuhkan kelengkapan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan yang bisa menganalisis gambar wajah yang dipindai kamera untuk menentukan kunci dapat dibuka atau smartphone tetap terkunci.

# Mengatasi Kegagalan Melakukan Unlock Kunci Smartphone

Ada dua cara yang paling mudah untuk membuka smartphone yang terkunci dan penggunanya lupa kata kuncinya. Faktor gangguan sistem operasi yang berdampak pada aplikasi keamanan bisa juga menjadi penyebab smartphone terkunci dan tidak dapat dibuka. Tutorial membuka kunci smartphone berikut ini bisa menjadi cara praktis untuk membuka kunci smartphone.

# Membuka Kunci Smartphone Dengan Bantuan Akun Google

Metode ini bisa digunakan untuk membuka kunci smartphone yang terkunci akibat kesalahan mengisi kata kunci atau membuat pola kunci sebanyak 5 kali berturut – turut. Setelah melakukan 5 kesalahan; pengguna smartphone akan mendapat pilihan berupa Next atau Try Again. Membuka kunci dengan bantuan akun Google bisa dilakukan dengan memilih Next.

Pilihan tersebut akan membawa pengguna pada dua pilihan baru; menjawab pertanyaan keamanan atau membuka kunci dengan akun Google. Jika Anda ingat pertanyaan dan jawaban pertanyaan sekuritas; maka kunci akan langsung bisa dibuka. Tetapi jika tidak ingat kombinasi pertanyaan dan jawaban; maka Anda bisa memilih membuka kunci dengan melakukan login pada akun Google dan kemudian membuat pola kunci baru.

# Membuka Kunci Smartphone Menggunakan Android Recovery System

Cara ini bisa dilakukan jika cara pertama gagal akibat smartphone tersebut tidak terkoneksi dengan internet. Cara kedua yang bisa dilakukan untuk membuka kunci adalah dengan melakukan Factory Reset atau prosedur Android Recovery System. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Lakukan prosedur menonaktifkan smartphone yang akan dibuka kuncinya.
  • Tekan secara bersamaan tombol home, tombol power dan tombol volume atas atau tekan tombol power dan tombol volume atas jika tidak ada tombol home.
  • Prosedur tersebut akan mengaktifkan Android Recovery System.
  • Pilih Factory Reset atau Wipe Data pada pilihan menu.
  • Setelah prosedur Factory Reset selesai; pengguna akan kembali ke menu Android System

Recovery.

  • Lakukan Reboot atau Restart
  • Smartphone akan menyala dengan kondisi seperti saat keluar dari pabrik dan Anda tidak perlu mengisikan kata sandi atau pola untuk membuka smartphone.

Kelemahan dari cara kedua ini adalah Anda selaku pengguna akan kehilangan seluruh data dan juga aplikasi terinstall.

 

Baca Juga : Tutorial merekam foto berkualitas

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here