Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Hal unik seputar anak kost-Kata “ngekos” sekarang tidak asing di dengar oleh telinga siswa dan mahasiswa  . Kos merupakan pilihan yang mau tidak mau harus mereka pilih ketika harus menimba ilmu di sekolah atau Universitas yang mereka inginkan yang berada diluar kota tertentu. Untuk mereka yang kuliah hanya di dalam kota mungkin tidak masalah, karena otomatis 90% mereka akan hidup dengan orang tua mereka. Tapi untuk siswa atau mahasiswa yang sekola/kuliah di luar kota bahkan luar pulau, Mau tidak mau mereka harus hidup jauh dari orang tua mereka dan otomatis pilihan hidup untuk “ngekos” atau “ngontrak rumah”.

kali ini terun.net akan memaparkan hal unik seputar anak kost, yuk kita simak!

Hal unik seputar anak kost::

1. Punyamu Punyaku, Punyaku Punyamu

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Ini dia salah satu kebiasaan yang pasti akan selalu mewarnai dunia Anak kosan. Pinjam meinjam merupakan suatu hal yang wajar bagi Anak kos. Mulai dari meminjam sandal, sepatu, tas, kerudung, helm, dan lain sebagainya. Yang lebih ekstrimnya lagi, ada kosan yang memasang slogan “semua benda milik bersama” memang kedengarannya sangat kekeluargaan, akan tetapi ini juga tidak baik, karena seseorang pasti membutuhkan suatu privasi didalam hidunya. kaya koprasi simpan pinjam ya guys…

 

2. Serba Ngantri

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Fakta unik kedua dari anak kos adalah budaya ngantri. Semuanya serba ngantri. Mulai dari nyetrika baju, nyuci baju, njemur baju, hingga antri kamar mandi. Akan tetapi, hal itu justru menambah suatu keindahan tersendiri dalam kehidupan anak kos, melaui budaya antri tersebut, seorang anak kos belajar menghargai orang lain, memanfaatkan waktu sebaik mungkin, menjadi pribadi yang cakap dan cekatan (karena harus adu kecepatan dalam segala hal, dan tentu saja belajar menghargai waktu. Suatu saat, ketika Anda sudah tidak lagi hidup di kosan, maka Anda akan sangat rindu dengan suasana yang “serba ngantri” ala anak kos ini.

3. Belajar Bertahan Hidup

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

kalo yang ini anak kost mana yang tidak mengalaminya terutama cowok, walaupun anak wanita lebih banyak kebutuhan hidupnya tapi anak lelaki lebih cepat kehabisan uang, karna faktanya anak lelaki yang kost itu nggak mau repot masak di kos dan pasti hiburannya banyak kaya futsal atau jalan” kekota lain yang membutuhkan biaya. Sebagai anak kost kita pasti merasakan bagaimana cara bertahan hidup misalnya baru tanggal 20 tapi uang sisa 50 dan itu harus digunakan untuk makan, jalan, bensin dan yang lain-lain dan sukur” kalo nggak ada patungan di kelas untuk membeli sesuatu. siapa yang sepenanggungan sama ini?? hehehe

4. Murah is Mine

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Anak Kos baik cewek maupun cowok kalau belanja biasa di toko-toko yang terkenal murah dan banyak promonya. Kalau tidak, yang bisa ditawar sampai setengah harga. Kadang juga yang dijual obral menjadi tujuan.  Dalam belanjapun yang dilihat pertama kali adalah harga kemudian diskonnya. Untuk kwalitas, KW10 pun tidak masalah. Begitupun dengan makanan, pilihannya yang murah meriah. Ini adalah trik kedua Anak Kos dalam mengatur manajemen keuangan.

5. Sering kehilangan jemuran

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Nah, untuk yang satu ini, bukan karena ada “pencuri” jemuran, tetapi karena kebiasaan para anak kos, menjemur baju mereka bersama-sama. Alhasil, terkadang ketika jemuran tersebut diangkat, ada beberapa potong baju yang bukan milik sendiripun ikut terangkat. jadi bagi yang ngekost harus lebih teratur dan lebih menjaganya lagi ya guys dengan barang-barang milik sendiri.

6. Manfaatkan Wifi

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Seperti yang kita ketahui, hobinya anak kuliahan adalah nongkrong dan sasaran Anak Kos kalau nongkrong biasa di café-café yang Free Wifi. Iya kan? Pesan minumnya cuma 1 gelas tapi numpang wifinya berjam-jam. Tujuannya sih bermacam-macam, ada yang ngerjain tugas kuliah, ada yang ng-game, ada juga yang hanya untuk online karena paket internet habis. Rapopo seng penting GRATIS.

7. Numpang Makan

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

nitip makan juga menjadi kebiasaan anak kost lho guys, dan menjadi kegiatan yang horor selain minjam uang, karena kebanyakan dari mereka berkata “tolong beliin makanan dlu ya pake uang lu nanti gue ganti” eh pas makanan udah dateng, beribu alasan mereka keluarkan “aduh ga ada receh, ada kembaliannya gak?/ besok gua yang gantian bayarin makanannya ya” dan ketika hal itu terjadi, kita hanya memastikan nasib dan rezeki kita guys, kalo nasib bagus dan memang rezeki kita ya uang itu akan kembali dan kalo sebaliknya, ya lo siapin hati yang ikhlas ya guys, itung-itung sedekah…

“Hal unik seputar anak kost”

8. Jam Malam, pintu ditutup

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Untuk yang satu ini, mungkin berlaku bagi anak kos yang menjadi aktifis dikampusnya. Sering kali aturan jam malam yang diberlakukan dikos terdengar sangat singkat sekali waktunya, sebagai contoh, ibu kos memberikan batas waktu pulang (jam malam) maksimal pukuk 22.00. bagi mereka, toleransi waktu itu seharusnya dilebihkan lagi. karena waktu berjalan begitu cepat hingga tak sadar bahwa jam malam tiba..

9. Pernah Membohongi Orang Tua

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

 

Jujur deh pasti kalian pernah bohong sama orang tua baik itu bohong positif maupun bohong negatif. Bohong negatif, “Nak, lagi ada dimana?” Tanya ibu. “lagi di Kos bu, ini lagi ngerjain tugas kuliah”(padahal lagi nongkrong sama temen hihi).

Bohong positif, “Nak, udah makan belum? Duitnya masih ada?” Tanya ibu. “oh udah bu, ini baru aja slesai makan. Duitnya masih kok bu masih, masih sisa …” (padahal faktanya belum makan dan uangpun udah menipis). Terkadangpun berbohong masalah kesehatan, hanya karena tidak mau membebankan orang tua, si anak terpaksa berbohong, ya walaupun bohong itu tidak ada yang baik.

10. Tanggal Muda Merdeka, tanggal tua Puasa

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Dilihat dari kalimatnya, hal tersebut menunjukkan sesuatu yang berhubungan dengan perut ya? Tepat sekali, meskipun tidak semua anak kos akan mengalami hal ini, “tanggal muda merdeka, tangga tua puasa’’ akan tetapi, sebagian dari anak kos pasti pernah mengalami hal ini. bisa dikarenakan kiriman yang telat dari orang tua, kebutuhan mendadak yang menguras kantong, kurang bisa mengatur uang, sehingga boros, dan sebagainya. Sehingga sering kali memaksa anak kos untuk rela berpuasa di tanggal tua? Kedengarannya sangat menyedihkan sekali ya? Hehe..

Bagi Anda yang saat ini masih ngekos, dan kebetulan juga mengalami hal tersebut diatas, maka utnuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda harus memiliki sebuah manajemen keuangan yang baik, utamakan untuk hal-hal yang memang penting terlebih dahulu. Gunakan uang dengan bijak, supaya Anda bisa tetap merdeka disetiap bulannya.

11. Cenderung Memilih tempat kos yang bebas

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Bebas??? ia donk gan/sis, tanya aja pada anak-anak kos. Beri mereka pilihan. ” Kalau seandainya ada 2 kos yang mempunyai fasilitas sama, harga sama, kenyamanan sama, tapi yang satu gak bebas dan yang satunya bebas. Pilih mana?? “Jawabannya apa?? kalau memilih yang gak bebas ya berarti fakta #11 salah…huhu

12. Tiba-tiba Amnesia

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Nah, ini dia yang sering dilakukan oleh anak-anak kos, semenjak zaman onta, hingga zaman toyota saat ini, mungkin masih banyak anak kos yang melakukan modus jenis ini, tiba-tiba amnesia saat jatuh tempo pembayaran uang kos dan listrik. Mereka mendadak lupa saat tanggal jatuh tempo tagihan sewa kos dan listrik tiba, sebenarnya, mereka tidak benar-benar lupa, hanya saja terkadang belum ada dana untuk membayarnya. Alhasil, anak kos harus bermain petak umpet dengan ibu kos hingga mereka bisa melunasi semua tagihan tersebut.

Nah, bagi Anda yang saat ini masih mengalami masa-masa sulit dikosan, saya sarankan supaya Anda mulai menabung untuk mengantisipasi apabila keuangan Anda sedang menipis. Namun, apabila memang benar-benar sulit bagi Anda untuk menabung, lebih baik Anda buat prioritas dalam kebutuhan hidup Anda, supaya pengeluaran Anda nantinya tidak sia-sia dan benar-benar Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok Anda.  

“Hal unik seputar anak kost”

13. Tipe Misterius

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Walau seatap dengan makhluk ini, Anda akan merasakan dia sebagai orang asing. Gimana enggak? Keseharian dia dalam kosan selalu saja mendekam diri di dalam kamar, entah ngapain. Dia baru akan keluar kamar kalau saat mandi, mau makan atau berangkat kuliah-kerja. Dia tak pernah bergaul dengan penghuni lainnya.

14. Bebas Berekspresi

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Bak anak ayam keluar dari kandangnya, mau kesana kesini  tak ada yang melarang. Dunia seakan milik sendiri. Ingat sewaktu dirumah? mau keluar beli es cendol aja musti ijin. Sekarang, bermalam di café (wifi-an, ngerjakan tugas) tak masalah. Kita bebas berekspresi tapi tetap pada amanah orang tua pastinya.

15. Tipe Metrosexual (Dandan)

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Wah… paling gak kalau Anda satu kosan dengan tipe semacam ini. Salah satu yang wajib Anda lakukan adalah jangan sampai Anda keduluan mandi saat pagi hari. Kenapa? karena orang yang seperti ini setidaknya mandi 2 kali lipat lebih lama dari waktu yang dibutuhkan orang normal untuk mandi. Belum lagi kalau mau berangkat kuliah-kerja, baju yang dia kenakan pasti modis, setrikaannya sangat lurus dan parfumnya pasti sudah tercium dari kamar kita.

16. Jago Akuntansi

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Kiriman = kebutuhan. Jatah uang per bulan yang dikirim orang tua harus pas dengan kebutuhan selama sebulan kedepan. Anak Kos punya manajemen keuangan sendiri, ada yang boros diawal irit diakhir, ada yang irit diawal boros diakhir, ada yang selalu irit dan sebagian ditabung, dan ada juga yang boros berkepanjangan, beragam deh. Walaupun terkadang yang masuk ke rekening tak cukup untuk sebulan kedepan, Anak Kos masih bisa hidup dan bernafas.

17. Tipe Loyal

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Tipe inilah yang paling disukai oleh penghuni kosan lain. Biasanya dia sering ngajakin keluar kongkow atau sekedar jalan-jalan keliling kota. Dia paling tau buat happy-happy. Dia juga lah yang bikin penghuni kosan bisa nyatu dan cocok antara satu sama lain.

“Hal unik seputar anak kost”

18.Tipe Irit

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Menghemat, itulah ciri khas orang seperti ini. Apapun yang berbau gratis pasti sebisa mungkin dia lakukan. Menyebalkan sih, gimana enggak, pasta gigi saja pinjam, sabun pinjam, sampai motor pun pinjam tanpa diisi bensin. Saat ada makanan gratis dari ibu kos atau traktiran teman, dia lah yang paling bersemangat.

19. Tipe Bisnisman

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Kalau tipe yang satu ini adalah tipe-tipe calon bisnisman handal. Bukan berarti tipe ini perhitungan lho, tipe ini biasanya mencari side job dengan jualan pulsa, distributor pakaian atau mengikuti bisnis MLM.

 20. Sukses! Visi Kami

Hal unik seputar anak kost yang pernah kamu alami

Biarpun hidup sederhana dan makan seadanya, yakinlah setiap Anak Kos itu punya cita-cita yang sama yaitu SUKSES! Yaa walaupun kadang bermalas-malasan dalam mewujudkannya tapi inshaaAllah PASTI TERWUJUD.

Hal unik seputar anak kost…..

Itulah pemaparan halunik.net mengenai Hal unik Seputar anak kost, terimakasih semoga bermanfaat!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here