Hal Unik Seputar Kota Surabaya Yang Harus Kamu Tau
Hal Unik Seputar Kota Surabaya

Hal Unik Seputar Kota Surabaya – Sudah pernah pergi ke Kota Surabaya?  Atau jangan-jangan Anda tinggal di sana?  Kalaupun belum pernah atau tidak tinggal di sana, pasti minimal pernah mendengar namanya bukan?  Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur.  Kota inilah yang menyebabkan kita, sebagai Bangsa Indonesia memperingati tanggal 10 November sebagai hari pahlawan.  Julukan kota ini pun sama, kota pahlawan.  Di kota ini juga ada tugu bernama tugu pahlawan yang di kaki tugunya terdapat museum perjuangan.

“Hal Unik Seputar Kota Surabaya”

Bagi yang berminat ingin berkunjung Kota Surabaya, mari simak beberapa hal unik tentang kota yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa ini!

  1. Surabaya Adalah Kota Rantauan

Hal Unik Seputar Kota Surabaya
Di Kota Surabaya terdapat berbagai universitas papan atas di Indonesia.  Mulai dari universitas negeri seperti Universitas Negeri Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dan Institut Tinggi Sepuluh November (ITS), sampai universitas swasta seperti Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas Hang Tuah, dan masih banyak lagi.

Belum lagi lapangan pekerjaan yang jumlahnya sangat melimpah.  Makanya tidak heran jika kota ini menjadi salah satu jujugan tempat mencari ilmu dan  pekerjaan bagi masyarakat dari luar kota ini.  Hal inilah yang menyebabkan kemacetan yang luar biasa setiap pagi (jam 06.30 WIB-08.00 WIB), setiap jam makan siang (12.00 WIB-13.00 WIB) dan setiap jam pulang kantor (16.00 WIB-18.00 WIB).  Tapi ketika waktunya liburan, langsung jalanan longgar.

Baca Juga : 

  1. Sapaan khas arek Surabaya terhadap kawannya

Hal Unik Seputar Kota Surabaya
Kalau di Jakarta atau daerah Jawa Barat mungkin ada sapaan ‘hai bro’, kalau di Surabaya ada sapaan tersendiri, yaitu ‘jan**k’.  Itu adalah umpatan kasar, namun menurut arek Surabaya, kalau belum disapa seperti itu, berarti mereka belum dekat.

  1. Hijau Itu Bonek, Bonek Itu Persebaya

Hal Unik Seputar Kota Surabaya
Persebaya adalah Persatuan Sepak Bola Surabaya (Persebaya).  Tim ini merupakan tim kebanggan warga Kota Surabaya.  Julukan bagi penggemar beratnya adalah Bonek, dan warna mereka adalah hijau.  Menurut warga Surabaya, para Bonek ini dulu ditakuti oleh warga karena mereka kerap berbuat onar, apalagi jika Persebaya kalah di kandang sendiri.  Makanya, warga lebih memilih untuk menghindari daerah stadion sepak bola Gelora Bung Tomo atau Gelora 10 November jika Persebaya sedang bertanding.

  1. Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Hal Unik Seputar Kota Surabaya
Kebun binatang ini dinobatkan sebagai kebun binatang dalam kota terbesar se-Asia Tenggara.  KBS dibangun pada zaman penjajahan Belanda, yakni tanggal 3 Agustus 1916.  Makanya ketika awal berdiri, namanya adalah Soerabaiasche Planten-en Dierentuin atau dalam Bahasa Indonesia Kebun Botani dan Binatang Surabaya.  Sayangnya pada tahun 2014, KBS kembali mendapatkan predikat, namun bukan predikat yang baik.  KBS mendapat predikat sebagai kebun binatang terburuk di dunia karena banyak hewannya yang tidak terawat dan mati.

Meskipun saat ini KBS sudah tidak semegah dulu karena pengunjung yang semakin minim setiap tahunnya, namun KBS masih berusaha untuk tetap berdiri sampai sekarang.

  1. Kuliner Surabaya

Hal Unik Seputar Kota Surabaya
Kota Surabaya memiliki banyak makanan khas dan melegenda sejak zaman penjajahan Belanda.  Salah satu makanan terkenal yang sampai dijadikan lagu adalah Pecel Semanggi.  Berbeda dengan pecel di daerah lain, pecel semanggi tidak menggunakan nasi, namun hanya daun, sambal, dan kerupuk khasnya.  Konon katanya, semanggi ini adalah makanan sehari-hari pribumi saat zaman penjajahan.  Daripada mati kelaparan, mereka mencari rumput yang bisa dimakan, dan ditemukanlah semanggi ini.

Selain itu, ketika ke Surabaya, Anda juga bisa mampir ke kedai es krim Zangrandi, Mak Yeye untuk kuliner malam, sate ondomohen, nasi goreng jan**ok dan soto ayam Cak Har.

  1. Mari Nonton Ludruk di Cak Durasim

Hal Unik Seputar Kota Surabaya
Cak Durasim adalah sebuah tempat pertunjukan seni di Kota Surabaya.  Pada hari-hari tertentu, di teater ini ada pertunjukkan ludruk yang menceritakan cerita-cerita asli dari Surabaya.  Selain itu, biasanya juga ada pertunjukan musik dan puisi juga di tempat ini.

  1. Perang 10 November 1945

Hal Unik Seputar Kota Surabaya
Pada tanggal dan tahun tersebut berkobar perang antara arek-arek Surabaya melawan tentara Inggris.  Bung Tomo mengobarkan semangat arek-arek Surabaya untuk mempertahankan kemerdekaan yang baru diproklamasikan selama 2 bulan.  Pada perang tersebut 2 jenderal perang Inggris terbunuh oleh arek-arek Surabaya.  Padahal, ketika perang dunia II berkobar, para tentara ini bahkan tidak bisa tersentuh oleh pihak lawan.  Sungguh hebat perjuangan arek Surabaya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga : Download Tema Premium WordPress Secara Gratis

By :

Sahabat halunik.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here