Inilah Beberapa Manfaat Dan Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh Dan Jenis-Jenisnya

Di Indonesia, kunyit dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Selain banyak digunakan untuk masakan, kunyit juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan obat alami. Tidak sulit untuk mencari rempah ini di Indonesia, karena memang kunyit berasal dari kawasan Asia Tenggara. Jika diperhatikan kunyit memiliki bentuk seperti jahe, karena memang keduanya masih dalam satu kelompok jahe-jahean. Khasiat yang begitu banyak membuat kunyit mulai digemari masyarakat. Dari segi penampilan, kunyit memang sama sekali tidak menarik. Bentuknya mirip seperti akar pohon yang berukuran sedang.

Rempah kunyit memiliki nama latin curcuma domestica val, diperkirakan sudah ada sejak 77 sampai 78 tahun sebelum masehi. Kunyit umumnya dibudidayakan di daerah yang berada di ketinggian 1300 hingga 1600 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia sendiri, kunyit banyak dibudidayakan oleh para petani di pulau Jawa. Permintaan kunyit dinilai terus meningkat karena kebutuhan masyarakatnya yang semakin banyak. Kunyit tidak hanya diolah menjadi jamu tradisional, namun pengolahannya sudah mulai berkembang untuk memaksimalkan khasiat yang ada pada rempah ini.

Hal ini membuktikan bahwa kunyit memiliki banyak khasiat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Selain diolah menjadi jamu tradisional, kunyit juga kerap diolah dengan cara modern seperti ekstrak sari kunyit yang dibuat kapsul. Manfaat kunyit juga diungkapkan oleh dokter dari UCLA, kunyit dipercaya dapat mengatasi enzim yang bisa mengakibatkan pertumbuhan kanker, khususnya dibagian kepala dan leher. Di dalam rempah kunyit terdapat beberapa kandungan seperti kurkumin, resim, zat pahit, selulosa, mineral dan lainnnya.

Jenis-Jenis Rempah Kunyit

Kunyit Merah

Jika diperhatikan tidak ada perbedaan yang begitu menonjol dari kunyit merah. Warna merahnya bisa dilihat dari luar maupun bagian dalamnya. Banyak masyarakat di Indonesia memanfaatkan rempah ini untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu juga berguna untuk menghilangkan bau badan yang kurang sedap. Kunyit merah juga kerap digunakan untuk menghangatkan tubuh. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah dataran tinggi. Suhu udara yang rendah seringkali menjadi penyebab gejala flu melanda. Umumnya kunyit diolah menjadi minuman dengan cara direbus hingga mengeluarkan sarinya. Minum ramuan kunyit merah secara rutin atau minimal ketika sedang merasa kurang enak badan. Tidak ada efek samping yang buruk dari ramuan ini, justru jika dikonsumsi dengan campuran madu akan lebih enak. Ini bergantung kesukaan masing-masing orang dalam mengkonsumsi minuman kunyit merah ini.

Kunyit Kuning

Warna kuning yang mencolok dari kunyit kerap dimanfaakan sebagai bahan pewarna alami. Alasan kesehatan menjadi fakor utama penggunaan kunyit untuk memberikan warna pada makanan. Selain membuat makanan lebih menarik, makanan yang diproduksi dengan tambahan kunyit juga lebih sehat. Pastikan kunyit yang digunakan masih segar sehingga warnanya akan cerah. Jenis kunyit kuning juga yang paling umum digunakan masyarakat untuk berbagai hal. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kunyit yang didominasi warna kuning ini. Kunyit kuning bermanfaat untuk mengurangi efek diabetes, metabolisme gula darah akan meningkat untuk mengrangi diabetes di tubuh seseorang. Resiko serangan jantung juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi ramuan dari kunyit kuning ini. Siapapun baik yang belum pernah mengalami serangan jantung atau yang baru saja menyelesaikan operasi jantung bisa mengkonsumsi kunyit merah.

Kunyit Hitam

Jenis kunyit ini memang jarang digunakan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Karena memang kunyit hitam berasal dari kawasan India hingga Timur Tengah. Tak perlu ragu dengan khasiat dari kunyit yang memiliki daging berwarna hitam ini. Beberapa manfaat kunyit hitam diantaranya untuk mengatasi masalah seksualitas seseorang, kandungan yang ada di kunyit hitam dapat menyembuhkan impotensi. Perlu diketahui, impotensi ini berkaitan dengan kesuburan seorang wanita seperti fibroid rahim, kista ovarium, endometriosis, amenore dan lainnya. Kunyit hitam memiliki sifat antimikroba yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga tubuh lebih tahan terhadap penyakit seperti disentri, demam maupun infeksi cacing. Seseorang yang sering mengkonsumsi ramuan kunyit hitam dipercaya akan lebih sehat kedepannya. Ini tidak hanya cocok untuk orang dewasa saja, anak muda juga akan lebih baik jika sering mengkonsumsi ramuan-ramuan tradisional.

Kunyit Putih

Keunikan dari jenis kunyit putih terdapat pada warnanya. Terlihat bagian daging luarnya berwarna putih, sementara bagian dalamnya agak kekuning-kuningan. Tapi dari segi ukuran, tidak berbeda jauh dengan kunyit pada umumnya. Kunyit putih berasal dari kawasan India, Sri Lanka, Bangladesh, Tiongkok, Jepang, Nepal, Brazil hingga Thailand. Manfaat kunyit putih sendiri diantaranya dapat mencegah pertumbuhan jamur pada tubuh, mengatasi nyeri, sebagai antiradangg, antiracun, antikanker dan masih banyak lagi. Terdapat sifat antiinflamasi pada kunyit putih yang dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit kulit. Khasiat dari kunyit putih ini bukan akhir-akhir ini saja dipercaya oleh masyarakat, namun sudah dipercaya oleh orang-orang zaman dulu. Di dalam kunyit putih juga terdapat sifat diuretik yang berguna untuk menghilangkan zat beracun yang bisa berakibat fatal jika dibiarkan. Manfaat kunyit merah bisa dirasakan ketika mengkonsumsi ramuan dari rempah ini secara rutin. Rempah ini bisa diolah dengan berbagai cara, namun yang paling umum dibuat jamu.

Manfaat Dan Khasiat Kunyit

  1. Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Kunyit menjadi salah satu rempah yang memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Jika sedang mengalami masalah pada kesehatan, bisa mencoba racikan obat yang terbuat dari kunyit ini. Untuk pengolahannya bisa dilakukan dengan merebus kunyit untuk mendapatkan sarinya. Setelah itu baru diminum secara rutih agar tubuh tetap dalam kondisi sehat. Pastikan sebelum direbus sudah dicuci terlebih dahulu agar terhindar dari bakteri yang bisa menyebabkan penyakit lain. Khasiatnya memang tidak langsung dirasakan, diperlukan beberapa kali konsumsi sebelum merasakan manfaatnya. Sebenarnya pengolahan kunyit bisa dilakukan dengan beberapa cara tergantung pribadi masing-masing. Olahan kunyit bisa ditambahkan dengan madu, susu atau yang lainnya.

  1. Manfaat Kunyit Untuk Wajah

Setiap orang khususnya kaum wanita memang menginginkan wajah yang bersih dan mulus. Banyak obat-obatan yang bermanfaat untuk hal ini, namun akan lebih baik jika menggunakan bahan dari alam seperti kunyit. Gunakan kunyit sebagai bahan dasar untuk membuat masker. Tambahkan susu dan madu agar masker lebih berkhasiat. Setelah terbentuk masker, oleskan ke seluruh bagian wajah hingga merata dan tunggu beberapa saat. Kemudian bilas menggunakan air bersih sampai benar-benar tidak ada sisa di wajah. Masker kunyit bermanfaat untuk mencerahkan kulit, mencegah kulit berminyak, menghilangkan kotoran pada wajah, mencegah penuaan dini, mengobati jerawat dan berbagai manfaat lainnya. Gunakan masker kunyit secara rutin minimal dua hari sekali agar benar-benar merasakan manfaatnya.

  1. Manfaat Kunyit Untuk Maag

Penyakit maag memang kerap membuat aktivitas terganggu. Munculnya penyakit ini bisa ditandai saat perut yang terasa nyeri, muntah darah, saat BAB terasa sakit. Manfaatkan kunyit untuk mengatasi penyakit maag yang tiba-tiba menyerang. Ini bisa dilakukan jika tidak mau pergi ke dokter, selain hemat biaya, pengolahannya juga dinilai cukup mudah. Rempah kunyit banyak dijumpai di pasar-pasar sehinga mudah untuk menemukannya. Olah kunyit dengan cara memarutnya hingga halus, pastikan sebelumnya sudah dikupas. Setelah itu, peras parutan kunyit hingga mengeluarkan air. Minum air perasan kunyit itu secara langsung, namun jika tidak suka bisa ditambahkan dengan madu agar rasanya lebih enak. Di awal-awal mengkonsumsi memang terasa tidak enak, tapi demi kesehatan cara ini bisa dilakukan.

  1. Manfaat Kunyit Untuk Bibir

Kecantikan seorang wanita tidak hanya dilihat dari bentuk mata atau rambutnya, namun juga bagian bibir. Tak jarang bibir dianggap sebagai salah satu pertanda kecantikan seorang wanita. Bibir yang cantik bisa ditandai dengan warnanya yang merah. Kunyit yang umumnya digunakan untuk bahan masakan, ternyata juga berguna untuk memerahkan bibir. Terdapat kandungan anti inflamasi dan juga antioksidan yang bisa langsung meresap ke dalam kulit. Ada beberapa cara pengolahan kunyit untuk memerahkan bibir. Namun yang paling mudah yakni dengan mengoleskan kunyit yang sudah dikupas langsung ke area bibir. Pastikan sari dari kunyit keluar hingga menimbulkan warna merah yang alami. Gunakan kunyit merah agar warna yang dihasilkan maksimal dan sesuai dengan harapan.

  1. Manfaat Kunyit Untuk Anemia

Anemia menjadi gejala yang kerap dialami oleh orang dewasa. Gejala ini disebabkan karena jumlah sel darah merah tidak berada dalam kondisi tidak normal. Tak perlu khawatir menganai hal ini, karena pengobatannya bisa dilakukan secara mandiri seperti menggunakan kunyit. Bahan yang digunakan tidak hanya kunyit saja diperlukan beberapa bahan lain seperti kencur, bayam merah dan kuning telur. Haluskan kunyit, kencur, bayam dengan cara ditumbuk dan pastikan sudah dalam kondisi bersih. Setelah halus, peras menggunakan kain bersih alat pemeras lainnya. Sebelum diminum, campurkan perasan dengan kuning telur. Agar hasil maksimal, konsumsi ramuan ini setiap hari baik pagi maupun sore.

  1. Manfaat Kunyit Untuk Kesuburan

Gangguan pada saat haid menajdi masalah yang umum dialami oleh seorang wanita pada saat menstruasi. Permasalahannya cenderung lebih ke darah yang tidak lancar ketika keluar dari rahim. Masalah ini bisa diatasi menggunakan ramuan yang terbuat dari kunyit putih, dengan kandungan yang dimiliki darah akan terangsang untuk keluar lebih lancar. Selain itu, kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi kandungan yang lemah. Wanita yang memiliki kadar testosteron yang tinggi menjadi salah satu ciri-ciri penderita kandungan lemah. Tidak perlu khawatir, dengan mengkonsumsi kunyit secara rutin, masalah kandungan yang lemah bisa diatasi.

  1. Manfaat Kunyit Untuk Bayi

Ramuan yang terbuat dari kunyit ternyata juga bisa dikonsumsi oleh bayi. Namun usia bayi harus diperhatikan, minimal sudah berusia 8 bulan baru bisa mengkonsumsi kunyit. Dengan mengkonsumsi kunyit, bayi akan lebih tahan terhadap penyakit yang menyerangnya. Terdapat senyawa kurkumin yang bermanfaat untuk mencegah atau megobati penyakit seerti diare, infeksi virus, pilek, flu dan masih banyak lagi. Kandungan antioksidannya juga akan memberikan perlindungan terhadap sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Agar bayi tetap mau mengkonsumsi kunyit, olah menjadi berbagai cara. Misalnya seperti mencampurkan kunyit ke dalam makanan atau minuman susu. Tambahkan madu agar rasanya lebih disukai oleh bayi.

  1. Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Batuk

Gejala batuk menjadi persoalan yang biasanya terjadi ketika peralihan musim, terutama dari musim kemarau ke musim hujan. Ketika mengalami penyakit batuk, seseorang akan kurang nyaman ketika melakukan berbagai aktivitas. Apalagi ketika batuknya berdahak, untuk berbicara saja akan kesulitan. Dalam kondisi ini, seseorang harus melakukan pengobatan baik melalui dokter ataupun secara pribadi. Jika tidak ingin repot, gunakan rempah kunyit sebagai obat tradisional. Efek hangatnya akan membuat tenggorokan menjadi lebih lega dan badan terasa lebih hangat. Olah kunyit menjadi minuman dan rutin mengkonsumsi minimal 2 kali dalam sehari. Dalam 3-5 hari, batuk akan mulai mereda hingga sembuh.

  1. Manfaat Kunyit Untuk Bekas Luka

Untuk urusan penampilan, bekas luka perlu untuk diperhatikan. Karena jika dibiarkan, nantinya akan membuat penampilan kurang maksimal, terlebih saat bekas luka itu berada di bagian yang tidak tertutupi. Bekas luka biasanya akan berwarna kehitaman, bagi orang yang memiliki kulit putih tentu akan sangat kelihatan. Untuk mengatasi bekas luka, bisa dilakukan dengan menggunakan bubuk kunyit. Caranya dengan mencampurkan bubuk tersbeut dengan susu dan madu hingga kental seperti masker. Setelah itu baru dioleskan ke bagian bekas luka dan diamkan beberapa saat. Agar bekas luka cepat menghilang, coba untuk rutin untuk mempraktekan cara yang satu ini.

  1. Manfaat Kunyit Untuk Ibu Hamil

Kunyit memang menjadi salahs satu rempah yang kaya akan manfaat. Salah satunya dimanfaatkan seorang wanita ketika hamil. Mengkonsumsi kunyit secara rutin dipercaya dapat membuat bayi yang lahir bersih dari lemak yang kerap menempel pada tubuh bayi. Namun karena ini menyangkut keselamatan bayi, lebih baik untuk menggunakan olahan kunyit yang dibuat sendiri. Sehingga apa yang dimasukan di dalam ramuan bisa jelas. Jika membeli di toko atau secara online, dikhawatirkan terdapat kandungan yang berbahaya pada olahan kunyit. Hal ini akan berakibat fatal jika dikonsumsi oleh ibu hamil yang berdampak kepada bayi yang berada di dalam kandungan.

BACA JUGA : 6 Manfaat Luar Biasa Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

  1. Manfaat Kunyit Untuk Mengatasi Cacingan

Pada saat terkena gejala cacingan, seseorang kerap mengalami komplikasi infeksi cacing pita. Jika dibiarkan hal ini dapat berpegaruh terhadap sistem metabolisme di dalam tubuh. Lakukan pengobatan mengunakan ramuan dari kunyit untuk mengatasi hal ini. Ramuan dari kunyit dipercaya dapat mengatasi infeksi cacing pita di dalam tubuh. Cara penggunaannya dengan memeras parutan kunyit hingga mengeluarkan sarinya. Kemudian campurkan dengan beberapa bahan lain seperti gula jawa, madu dan juga air asam. Akan lebih baik jika mengkonsumsi ramuan ini dalam kondisi masih hangat, sehingga tubuh juga akan merasakan kehangatan. Minum ramuan ini secara rutin agar hasil yang dirasakan bisa maksimal.

Berbagai manfaat memang bisa diperoleh dari mengkonsumsi ramuan kunyit. Manfaatnya tidak terbatas oleh beberapa yang sudah disebutkan saja. Kunyit bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan atau mencegah berbagai jenis penyakit. Manfaat kunyit putih dan asam akan dirasakan oleh seseorang jika mengkonsumsinya secara rutin. Kunyit menjadi salah satu jenis rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Mengobati penyakit menggunakan kunyit jauh lebih hemat dan tahan lama. Untuk bisa sembuh dari penyakit perlu rutin dalam mengkonsumsi kunyit. Namun hal ini berpengaruh terhadap penyakit yang bisa sembuh secara total. Karena memang obat tradisional tidak memberikan efek secara instan tapi akan bermanfaat untuk jangka panjang.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here