hewan paling unik di dunia

   Sejak kecil kita mengenal ayam sebagai unggas berkaki dua, juga memahami gajah yang memiliki belalai panjang serta gading atau landak yang berduri. Lantas, bagaimana bila ada hewan yang ciri fisiknya tidak sama seperti yang kita kenal salama ini?
Landak tanpa duri misalnya atau burung merak berwarna putih? meskipun tampak tidak masuk akal, faktanya eksistensi hewan paling unik di dunia benar-benar ada dan mereka mampu hidup berdampingan dengan manusia maupun hewan lainnya.
Menariknya lagi, selain merak putih dan landak tanpa duri ternyata ada banyak hewan unik lainnya yang berhasil ditemukan manusia. Ada yang tampak sangat menakutkan, terlihat menjijikan, meski tidak sedikit pula yang terlihat sangat cantik.

9 Hewan Paling Unik Di Dunia

Meski Anda bukan pencinta binatang, tidak ada salahnya mengenali jenis-jenis hewan unik yang eksis di dunia ini. Setidaknya, Anda tidak perlu terkejut ketika melihatnya secara langsung. Berikut ini sembilan hewan terunik yang eksis di dunia:

1. Paediphryne Amauensis (Katak Mini)

Paediphryne Amauensis
Amfibi ini bisa hidup dengan baik entah di daratan maupun di air tawar. Normalnya, katak Eropa tumbuh dengan baik dengan panjang maksimal 15 cm. Sementara katak panah emas beracun bisa tumbuh memanjang hingga lebih dari 5 cm.

Akan tetapi, di Madagaskar, India bahkan Papua Nugini ditemukan katak mini dengan ukuran tidak lebih besar dari 18 mm. Saking kecilnya, katak mini tersebut tidak lebih besar dari ukuran ibu jari manusia dewasa.

Madagaskar sejak lama memang dikenal sebagai habitat asli dari 350 spesies katak, sementara katak mini yang hidup di India diyakini sebagai keturunan katak purba yang hidup puluhan juta silam. Dan yang paling terkecil adalah Paediphryne Amauensis yang ukurannya tidak lebih dari 7.7 mm, kata super mini ini berkembang biak dan bertahan hidup di Papua Nugini.

2. Betty (Landak Tanpa Duri)

Betty (Landak Tanpa Duri) 
Kelahiran spesies baru selalu menjadi hal yang ditunggu oleh keluarga, lantas bagaimana bila spesies yang lahir ternyata tidak sempurna seperti Betty? Di Nofolk, Virginia seseorang berhasil menemukan landak tanpa duri yang tampak kesepian karena disingkirkan keluarganya.

Secara fisik, Betty sebenarnya sangat sehat dan normal tapi karena tidak memiliki duri dia tidak bisa melindungi diri sendiri terutama dari serangan predator. Alasan inilah yang membuat pusat penyelamat hewan di Virginia memutuskan untuk memelihara Betty alih-alih melepasnya ke alam liar.

3. Chondrocladia lyra (Harp Sponge)

hewan paling unik di dunia
Hewan yang satu ini sebenarnya memiliki fisik yang sangat indah, tapi siapa yang mengira jika harp sponge ternyata predator yang sangat handal di laut dalam. Harp Sponge memanfaatkan tubuhnya yang keras dan berpori untuk menangkap mangsa, kemudian memecahnya hingga partikel kecil sebelum menyerapnya.

Hewan paling unik di dunia ini pertama kali ditemukan di timur laut Samudera Pasifik. Dan karena tergolong hewan laut dalam, mustahil kita bisa menemukannya di perairan dangkal.

4. Rusa Kesturi (Rusa Vampir)

Rusa Kesturi (Rusa Vampir) 
Rusa merupakan golongan mamalia yang sangat cantik dengan antler (tanduk rusa) panjang dan unik sebagai ciri khasnya. Antler tersebut berkembang setiap tahun pada rusa jantan meski terkadang ada jantan yang tidak memilikinya.

Jika umumnya kita mengenal rusa sebagai family Cervidae, tapi faktanya ada spesies rusa kesturi yang masuk dalam family Moschidae. Tidak hanya berusia lebih tua dari rusa biasa, rusa kesturi tidak memiliki antler mereka juga hanya memiliki satu kandung kemih dan yang paling unik adalah keberadaan sepasang gigi.

Gigi rusa kesturi menjulur keluar menyerupai gigi vampire, tidak heran jika masyarakat awam kemudian memanggil rusa tersebut sebagai rusa vampire. Spesies rusa kesturi hanya tumbuh di Asia Selatan khususnya Himalaya, tapi beberapa ilmuwan berhasil menemukan fosil lainnya di Eropa.

5. Texas Horned Lizard

Texas Horned Lizard 
Normalnya, kadal merupakan bangsa reptilian bersisik yang sekujur tubuhnya dipenuhi oleh sisik, hampir sama seperti ular. Akan tetapi ada juga kadal unik yang dikenal dengan nama Phrynosoma atau kadal bertanduk. Salah satu spesies kadal bertanduk yang terkenal adalah Texas Horned Lizard.

Hewan paling unik di dunia ini memiliki visual sangat menakutkan karena keberadaan duri-duri di permukaan tubuhnya. Keunikan lain dari hewan ini adalah kemampuannya menyemburkan campuran cairan busuk dan darah dari ujung matanya. Konon kemampuannya tersebut berguna untuk melindungi dirinya dari anjing hutan atau serigala yang menjadi predator utamanya.

6. White Peacock (Merak Putih)

White Peacock (Merak Putih) 
Hampir semua orang mengenal burung merak sebagai spesies ayam hutan yang indah. Sayap pada merak jantan akan mengembang dengan sempurna ketika mereka ingin menarik atensi dari para betina. Pada umumnya, sayap burung merak berwarna cokelat gelap dengan kombinasi dua warna cantik yakni hijau toska dan biru.

Tapi tahukah Anda jika ada beberapa spesies burung merak yang sayapnya berwarna putih? hewan tersebut dikenal sebagai merak putih atau merak albino. Konon, merak putih ini merupakan hasil rekayasa genetika yang sengaja dilakukan para ilmuwan untuk memudarkan warna pada sayap burung merak.

7. Udang Lipan

Udang Lipan 
Nama udang lipan mungkin tidak familiar di telinga kita, padahal udang ini termasuk hewan paling unik di dunia. Disebut unik karena selain memiliki memampuan untuk memutarkan matanya hingga 360 derajat, udang ini juga memiliki kombinasi warna yang sangat cantik antara hijau dan merah.

Meskipun tampak cantik dan unik, udang lipan ternyata bisa dikonsumsi sebagaimana udang pada umumnya. Proses budidaya udang lipan jauh lebih mudah karena bisa langsung dibudidayakan dari udang dewasa.

Sayangnya, menemukan udang ini bukan perkara gampang karena udang lipan habitatnya di perairan yang memiliki batuan granit dan terumbu karang.

8. Lesula

Lesula 
Primata ini memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan monyet yang kita kenal selama ini. Akan tetapi, bila diperhatikan dengan sangat seksama, wajah lesula memiliki sedikit kemiripan dengan wajah manusia terutama dari bagian matanya yang besar.

Mata belok lesula memang menjadi ciri khas dan keistimewaan dari hewan unik ini. Keunikan lain terletak pada warna bulunya, bila monyet umumnya berwarna cokelat abu-abu, maka lesula memiliki warna bulu kuning. Hewan unik ini habitat asalnya berada di Kongo, Afrika.

9. Grimpoteuthis (Gurita Berpayung)

Grimpoteuthis (Gurita Berpayung) 
Nama lain dari Grimpoteuthis yang lebih dikenal oleh masyarakat dunia adalah dumbo octopus. Lucunya nama dumbo diberikan bukan tanpa alasan melainkan karena hewan paling unik di dunia ini memiliki kemiripan sifat dengan sebuah karakter di Disney Dumbo.
Gurita dumbo termasuk hewan langka yang hidup di Samudera Pasifik tepatnya di bagian laut dalam, minimal kedalaman 3.000 meter. Bila dihitung, jumlah spesies dari gurita dumbo tidak lebih banyak dari 13 spesies.

Hewan ini mulai populer karena bentuknya yang unik, di mana dia memiliki mantel yang melindungi delapan payung kakinya. Mantel tersebut akan sering mengembangkan mantelnya ketika bergerak.

Semua hewan memiliki keunikan tersendiri, hanya saja ada beberapa hewan yang dianugerahi dengan sifat, ciri fisik dan warna yang lebih unik. Dan di atas merupakan contoh beberapa hewan paling unik di dunia yang menjadi bagian dari ekosistem. Meski ada pula sebagian kecil hewan unik yang keberadaannya direkayasa dengan genetika.

Baca Juga : Hewan Paling Berbahaya di Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here